Kompas.com - 28/05/2022, 12:02 WIB


KOMPAS.com- Tim ilmuwan menciptakan robot terkecil yang mampu berjalan dan dikendalikan dari jarak jauh. Saking kecilnya, robot yang bentuknya menyerupai kepiting itu berukuran hanya setengah milimeter saja.

Lalu dengan ukuran sekecil itu apa fungsi dari robot kepiting tersebut?

Dikutip dari Science Alert, Jumat (27/5/2022) robot yang sangat kecil memiliki banyak kegunaan potensial, mulai dari membantu prosedur bedah hingga memperbaiki mesin di ruang di mana kunci pas tak dapat dipasang.

Semakin kecil mereka, semakin banyak skenario yang bisa mereka gunakan.

Meski begitu si robot kepiting ini belum benar-benar beroperasi dan melakukan perbaikan.

Baca juga: Ini Dia Robot Hidup Pertama yang Diklaim Bisa Bereproduksi

Hanya saja peneliti menyebut bahwa teknologi pada robot kepiting terkecil di dunia ini benar-benar mengesankan dan dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan.

Teknik yang para ilmuwan ini kembangkan nantinya juga bisa digunakan untuk mengembangkan robot kecil lainnya dengan bentuk yang berbeda.

"Teknologi kami memungkinkan berbagai modalitas gerak terkontrol dan dapat berjalan dengan kecepatan rata-rata setengah panjang tubuhnya per detik," kata Yonggang Huang, insinyur mesin dari Northwestern University di Illinois.

Teknologi yang menjadi dasar robot ini pun awalnya sudah dikembangkan delapan tahun lalu.

Bagian-bagian robot kepiting terkecil ini dipasang pada substrat karet yang diregangkan dan ketika bahannya dilonggarkan, bentuk perangkat akan muncul.

Baca juga: Robot Ini Diluncurkan untuk Selidiki Kehidupan Misterius Laut Dalam

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.