Kompas.com - 02/12/2021, 11:02 WIB
Xenobot, robot hidup yang disebut dapat bereproduksi. Robot ini dikembangkan dari sel katak melalui replikasi secara genetik. Wyss Institute via THE GUARDIANXenobot, robot hidup yang disebut dapat bereproduksi. Robot ini dikembangkan dari sel katak melalui replikasi secara genetik.

KOMPAS.com - Tak hanya pada makhluk hidup seperti manusia, hewan, atau tumbuhan saja yang dapat bereproduksi, tetapi robot yang dikembangkan para peneliti diklaim dapat melakukan hal yang serupa.

Adalah Xenobot, sebuah robot yang dikembangkan dari jaringan makhluk hidup yang disebut dapat bereproduksi.

Melansir CNN, Senin (29/11/2021) peneliti di Amerika Serikat menciptakan 'robot hidup' pertama yang dinamakan xenobot mengatakan, bahwa ciptaannya kini dapat bereproduksi dengan cara berbeda dari tumbuhan maupun hewan.

Penelitian ini dilakukan di University of Vermont, Tufts University, serta Wyss Institute for Biologically Inspired Engineering di Universitas Harvard, dan diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences.

Xenobot terbentuk dari kelompok sel induk katak cakar Afrika (Xenopus laevis). Xenobot pertama kali diungkapkan tahun 2020 lalu, dan dikenal sebagai 'robot hidup'.

Gumpalan-gumpalan kecil ini memiliki ukuran sekitar 1 milimeter. Selama eksperimen berlangsung, mereka terlihat bergerak, bekerja sama di dalam kelompok, hingga menyembuhkan dirinya sendiri.