Kompas.com - 19/05/2022, 16:01 WIB

 

 

KOMPAS.com - Kasus cacar monyet atau monkeypox telah menyebar di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Portugal, Inggris, dan Spanyol.

Kasus infeksi cacar monyet pertama kali teridentifikasi di Inggris. Tapi, pejabat kesehatan Amerika Serikat memperingatkan bahwa penyebaran virus ini dapat berpotensi meluas ke luar Inggris dan mempengaruhi orang-orang di negara lain.

Terbaru, Spanyol dan Portugal mengumumkan dugaan dan kasus terkonfirmasi dari penyakit teraebut pada 18 Mei lalu.

Baca juga: Inggris Laporkan Kasus Cacar Monyet, Seperti Apa Gejalanya?

Inggris

Pada 7 Mei 2022, Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) melaporkan kasus cacar monyet yang terkait dengan perjalanan luar negeri. Orang yang terinfeksi tertular saat berada di Nigeria.

Setelah terkonfirmasi terpapar monkeypox, UKHSA bekerjasama dengan National Health Service (NHS) untuk memberi tahu orang-orang yang mungkin telah melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Dari hasil identifikasi, tidak ada kasus tambahan yang dilaporkan.

Setelah mendeteksi infeksi terkait perjalanan tersebut, UKHSA mengidentifikasi dua orang di London yang juga tertular cacar monyet pada 14 Mei 2022. Namun, infeksi ini tidak terkait dengan kasus terkait perjalanan awal yang sebelumnya.

Setelah itu, kembali dilaporkan empat kasus cacar monyet lagi pada 16 Mei 2022, terdiri dari tiga kasus di London dan satu di Newcastle, yang tidak diketahui ada hubungannya dengan penyakit apa pun dari kasus-kasus sebelumnya.

“Investigasi sedang dilakukan untuk membangun hubungan antara empat kasus terbaru, yang semuanya tampaknya telah terinfeksi di London," tulis UKHSA.

Otoritas kesehatan menegaskan, risiko keseluruhan tertular virus tetap rendah di antara masyarakat umum, karena patogen membutuhkan kontak dekat yang lama untuk menyebar.

UKHSA memperkirakan, dengan adanya penyebaran kasus ini, kemungkinan penyakit langka tersebut telah menyebar di masyarakat setempat.

Baca juga: Cacar Monyet, Penyakit Langka Ini Muncul Lagi di Amerika Serikat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.