Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Temukan Struktur Bangunan Tertua di Uni Emirat Arab, Seperti Apa?

Kompas.com - 14/05/2022, 11:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Ahli arkeologi telah menemukan struktur bangunan tertua yang pernah ditemukan di Uni Emirat Arab (UEA). Sisa-sisa bangunan yang terbuat dari batu ini disebut berusia 8500 tahun.

Seperti dikutip dari Live Science, Jumat (13/5/2022) para arkeolog menemukan struktur yang berasal dari periode Neolitik tersebut di pulau Ghagha di lepas pantai Abu Dhabi.

Analisis isotop karbon dalam fragmen arang dari situs selanjutnya menunjukkan bahwa struktur tersebut 500 tahun lebih tua dari struktur yang ditemukan di UEA. Sementara itu struktur tertua yang sebelumnya ditemukan berada di Pulau Marawah.

"Temuan arkeologis ini menunjukkan bahwa orang-orang menetap dan membangun rumah di sini (pulau Ghagha) 8500 tahun yang lalu," kata Mohamed Al Mubarak, kepala Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi (DCT Abu Dhabi) dalam pernyataannya.

Lebih lanjut, temuan ini menyoroti hubungan historis antara orang-orang UEA dan laut. Sebelum penemuan tersebut, diyakini bahwa orang-orang menetap di daerah yang sekarang menjadi UEA pada periode Neolitik, ketika orang-orang memperluas rute perdagangan laut jarak jauh.

Baca juga: Reruntuhan Istana Bangsa Aztec Ditemukan di Bangunan Megah Meksiko

Namun ternyata penemuan baru situs arkeologi berupa struktur bangunan tertua yang ditemukan di Uni Emirat Arab ini menunjukkan bahwa permukiman Neolitik sudah ada sebelum evolusi perdagangan di daerah tersebut.

Struktur yang ditemukan di Ghagha sendiri diyakini merupakan rumah bagi komunitas kecil yang tinggal di pulau itu sepanjang tahun.

Di struktur tersebut peneliti bisa melihat ruangan berbentuk bundar berdinding batu yang diperkirakan berukuran 1 meter.

Para arkeolog juga menemukan artefak seperti mata panah batu di situs tersebut. Itu kemungkinan digunakan untuk berburu karena orang-orang di pulau juga bergantung pada laut untuk sumber daya.

Para arkeolog tak tahu persis berapa lama pemukiman dihuni, tetapi temuan kuburan seseorang di situs tersebut 5000 tahun yang lalu setelah pemukiman ditinggalkan, menggambarkan bahwa struktur bangunan merupakan aspek budaya dan sejarah yang penting di pulau itu.

Selain itu juga ketika orang-orang Neolitik tinggal di Ghagha, pulau-pulau ini rupanya tak gersang melainkan merupakan pantai yang subur. Bukti penemuan struktur bangunan tertua di Uni Emirat Arab tersebut pun menyusun kembali pulau-pulau Abu Dhabi dalam sejarah budaya yang lebih luas lagi.

Baca juga: Fenomena Sinkhole Muncul di Dekat Bangunan Kuno Roma

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com