Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apel Hitam, Buah Langka dan Mahal dari Daratan China

Kompas.com - 23/04/2022, 16:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comApel merah dan hijau sudah biasa. Pernahkah Anda melihat apel warna hitam? Apel hitam benar-benar ada dan terbentuk secara alami.

Kenapa apel berwarna hitam

Apel hitam adalah buah langka yang hanya tumbuh di Pegunungan Tibet di China, tepatnya di Kota Nyingchi. Kulit apel ini berwarna hitam karena kondisi geografis dan iklim tempat apel ini tumbuh.

Tempat ini berada di dataran tinggi sehingga pohon apel tersebut mendapatkan cahaya matahari yang sangat banyak di siang hari. Namun, pada malam hari suhu di pegunungan ini sangat dingin. Kondisi tersebut membuat apel ini memiliki warna yang sangat gelap dan tampak seperti hitam.

Walaupun kulitnya hitam, namun daging buahnya tetap berwarna putih seperti apel pada umumnya. Tidak perlu takut dengan warnanya, apel ini aman untuk dimakan.

Kenapa apel hitam langka dan mahal?

Apel hitam dijual dengan harga yang sangat mahal. Selain itu, buah ini tidak selalu tersedia di berbagai negara. Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan langkanya apel hitam.

Pertama, apel hitam hanya bisa tumbuh di kondisi geografis dan iklim tertentu. Sehingga tidak bisa dibudidayakan secara luas. Tidak hanya itu, beberapa petani lokal yang berusaha membudidayakan apel ini mengatakan bahwa biaya pemeliharaan apel ini sangat mahal karena harus dijaga dengan baik.

Kedua, pohon apel hitam sulit berbuah. Pohon apel biasa bisa berbuah dalam waktu 2 hingga 3 tahun setelah ditanam. Sedangkan pohon apel hitam butuh waktu hingga 8 tahun untuk siap berbuah.

Ketiga, buah ini tidak berbuah sepanjang tahun. Buah apel hitam hanya bisa dipanen pada bulan Oktober. Oleh karena itu, buah ini hanya tersedia di pasaran selama 2 bulan. Jumlah apel yang dipanen sangat terbatas dan tidak semua lolos kontrol kualitas. Hanya sekitar 30 persen buah yang bisa dijual yang lolos kontrol kualitas.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Apel, Turunkan Berat Badan hingga Mencegah Asma

Ketiga alasan tersebut membuat apel hitam sangat langka dan bernilai jual tinggi. Buah ini juga hanya bisa ditemukan di toko buah khusus di China dan pembeliannya sangat dibatasi. Setiap orang hanya bisa membeli beberapa buah saja.

Buah ini juga sering dijadikan hadiah mewah yang berkesan untuk diberikan untuk orang-orang yang spesial. Jadi, Apa Anda tertarik untuk merasakan buah yang sangat langka ini?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com