Kompas.com - 21/04/2022, 19:02 WIB


KOMPAS.com- Selain vaksin kanker serviks dengan Human Papilomavirus Vaccine (HPV), vaksin Rotavirus (Rotavirus Vaccine/RV) juga akan diberikan gratis tahun ini. 

Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes, dr Prima Yosephine dalam Seminar Media Pekan Imunisasi Dunia 2022, Senin (18/4/2022).

Prima mengatakan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi atau imunisasi anak yang rutin, Kementerian Kesehatan akan melaksanakan program Bulan Imunisasi Nasional (BIAN) pada Mei 2022 mendatang.

Prima menjelaskan bahwa dalam program BIAN ini ada dua kegiatan besar yang akan diintervensi oleh Kemenkes yaitu pemberian imunisasi tambahan dan imunisasi kejar.

Imunisasi wajib tambahan yang akan diberikan pada BIAN di bulan Mei 2022 ini yaitu satu dosis vaksin imunisasi campak rubela kepada anak-anak sasaran tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

"Dan secara bertahap, guna mencegah PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi) juga kami, pemerintah akan melakukan introduksi vaksin baru secara nasional,” ujarnya.

Baca juga: Akan Jadi Vaksin Wajib, Ketahui Dosis dan Keefektifan Vaksin HPV Cegah Kanker Serviks

Ia menambahkan, introduksi vaksin baru secara nasional yang dimaksudkan adalah vaksin PCV yang berguna untuk mencegah radang paru yang disebabkan oleh pneumococus, imunisasi HPV yang berguna untuk mencegah kanker leher rahim atau kanker serviks, dan imunisasi rotavirus yang berguna untuk mencegah diare yang disebabkan oleh virus Rota.

Rotavirus adalah jenis infeksi yang paling umum terjadi pada anak-anak di bawah usia 5 tahun dan menjadi virus penyebab diare pada anak. Infeksi ini sangat mudah menular.

Meskipun paling sering terjadi pada anak kecil, orang dewasa juga bisa terkena infeksi rotavirus. Bedanya, pada orang dewasa, infeksi rotavirus penyebab diare ini biasanya tidak terlalu parah.

Sebelum vaksin rotavirus diperkenalkan pada 2006, infeksi dilaporkan cukup sering menyebabkan anak-anak harus pergi ke dokter, termasuk menjalani pengobatan rawat inap.

Infeksi virus rota penyebab diare pada anak ini, bahkan tercatat telah menyebabkan kematian pada sejumlah anak-anak.

Apa itu vaksin Rotavirus?

Rotavirus Vaccine (RV) adalah vaksin untuk mencegah infeksi rotavirus yang bisa menyebabkan diare, muntaber atau gastroenteritis. Dinilai sama pentingnya dengan vaksin kanker serviks, maka mulai tahun ini, vaksin rotavirus gratis juga akan diberikan pada anak dalam program imunisasi nasional. 

Baca juga: Mengenal Vaksin HPV untuk Cegah Kanker Serviks, Cara Kerja hingga Efek Sampingnya

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.