Kompas.com - 21/04/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Uranus telah terabaikan selama ini, saat wahana antariksa telah mengunjungi planet lainnya di Tata Surya. Namun itu tak akan terjadi lagi.

Dalam sebuah laporan baru yang mengurai prioritas utama untuk ilmu planet dan astrobiologi yang dibuat oleh Akademi Nasional Amerika Serikat, merekomendasikan penyelidikan Uranus sebagai prioritas utama misi planet berikutnya.

Laporan berjudul Origins, Worlds, and Life: A Decadal Strategy for Planetary Science and Astrobiology 2023–2032 ini disiapkan oleh Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional AS atas permintaan NASA, untuk mengidentifikasi target ilmiah yang paling penting dari dekade mendatang. Dan sekarang, mungkin waktu bagi Uranus telah tiba.

"Komite memprioritaskan Uranus Orbiter and Probe (UOP) sebagai misi utama baru dengan prioritas tingi pada 2023-2032," tulis komite tersebut dalam laporannya, seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (20/4/2022).