Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/04/2022, 04:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Menu makan sahur dan berbuka puasa menjadi penentu tubuh bisa tetap semangat berpuasa, atau justru merasakan lemas selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Untuk itu, menu makanan yang baik dan bergizi seimbang, tentu akan lebih baik dalam mendukung aktivitas Anda sehari-hari selama berpuasa.

Dokter ahli gizi dan magister ilmu filsafat, Dr dr Tan Shot Yen MHum mengatakan, agar tubuh tidak lemas dan tetap fit selama berpuasa, banyak hal yang harus diperhatikan.

Di antaranya adalah kualitas asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka, kebugaran tubuh karena olahraga dan aktif bergerak, serta kecukupan tidur atau istirahat dengan kualitas yang baik.

Menurut dr Tan, persoalan yang paling utama dan keliru, tetapi seringkali dilakukan orang saat berpuasa adalah pola konsumsi makanan, yang membuat mereka justru merasakan lemas selama berpuasa.

“Jika puasa tapi buka puasanya masih dihajar dengan makanan-makanan tinggi gula, garam, lemak atau pangan kemasan, ya buat apa? kata Tan dalam pemberiataan Kompas.com edisi 24 April 2020.

Baca juga: Menu Sahur Sehat agar Tidak Lemas Selama Berpuasa Menurut Ahli Gizi

Oleh karena itu, berikut beberapa saran menu makan sahur dan buka puasa yang baik untuk direncanakan dan disiapkan selama menjalankan ibadah puasa, supaya tubuh tidak merasakan lemas dan daya tahan tubuh tetap baik.

1. Menu makan sahur yang bergizi

Diumpakan oleh Tan, sahur adalan bicara tentang "mengisi bensin" sebelum mesinnya berjalan sekitar 12 jam lebih.

"Nah, kalau bensinnya salah, mesinnya rusak bukan?" ujar dia.

Bensin atau asupan makanan bergizi baik yang dimaksudkan Tan, adalah sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan sejak tahun 2017 yang tertuang dalam istilah "Isi Piringku".

Menu sahur agar tidak mudah lapar disarankan tetap memenuhi gizi seimbang. Di mana dalam sebuah piring makan, seharusnya terisi lauk-pauk, buah-buahan, sayuran dan makanan pokok.

Disertai minum air delapan gelas sehari, jangan lupa cuci tangan pakai sabun, dan juga aktivitas fisik 30 menit per hari.

2. Menu berbuka puasa dengan buah

Tak hanya menu makan sahur saja yang harus sehat dan bergizi. Ditegaskan oleh Tan, asupan makanan terbaik saat berbuka puasa, juga sesuai dengan prinsipnya, yaitu membatalkan puasa saja.

Baca juga: 5 Menu Sahur yang Menjaga Tubuh Tetap Berenergi Selama Puasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com