Kompas.com - 16/04/2022, 09:02 WIB


KOMPAS.com - Sekelompok peneliti mengklaim dalam sebuah studi bahwa telah ditemukan bukti kapan komputer tertua di dunia pertama kali dinyalakan. Mekanisme Antikythera disebut sebagai komputer pertama di dunia, namun bagaimana mekanisme mesin itu bekerja masih menjadi misteri.

Kini, dari serangakaian penelitian, para ahli menyebut telah berhasil mengungkap bagaimana dan kapan mesin itu mulai bekerja.

Mekanisme Antikythera pertama kali ditemukan oleh penyelam di sebuah kapal karam era Romawi di dekat pulau Antikythera Yunani pada tahun 1901.

Benda seukuran kotak sepatu itu tampak rumit dengan roda gigi dan tombol yang memiliki tulisan di atasnya. Komputer kuno ini disebut dapat memprediksi gerhana serta memiliki fungsi-fungsi lainnya.

Tetapi selama bertahun-tahun, para peneliti telah dengan susah payah mengumpulkan banyak fragmen Mekanisme Antikythera untuk mencari tahu bagaimana benda dibuat dan digunakan sekitar 2000 tahun yang lalu.

Lalu masih ada pertanyaan-pertanyaan lain pula seperti siapa yang membuatnya, di mana mereka tinggal, mengapa membuatnya dan kapan komputer mulai digunakan.

Baca juga: Menuju Supremasi Komputer Kuantum Sejati

Seperti dikutip dari Live Science, Jumat (15/4/2022) berdasarkan studi, peneliti pun akhirnya berhasil menentukan tanggal pertama kali komputer kuno, Mekanisme Antikythera, ini dinyalakan.

Peneliti menyebut Mekanisme Antikythera secara perdana digunakan pada 22 Desember 178 SM.

Ada sejumlah alasan mengapa para peneliti berpikir 20 Desember 178 SM adalah tanggal dimulainya Mekanisme Antikythera beroperasi.

Pertama, ada gerhana matahari pada hari itu yang berlangsung lebih dari 12 menit.

Kedua, hari berikutnya yakni 23 Desember merupakan titik balik matahari musim dingin dan menjadi hari penting di antara banyak orang kuno.

Selain itu, peneliti studi yang mengungkap bukti kapan komputer tertua di dunia dinyalakan ini juga mencatat bahwa festival Isis untuk merayakan Dewi Mesir Isis, dirayakan di Mesir dan Yunani pada tanggal beroperasinya Mekanisme Antikythera. Selain itu, fase bulan dimulai pada 22 Desember tahun itu.

Baca juga: Misteri Cara Kerja Komputer Analog Berusia 2.000 Tahun Terungkap

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.