Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Sahur Sehat agar Tidak Lemas Selama Berpuasa Menurut Ahli Gizi

Kompas.com - 03/04/2022, 04:13 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berpuasa di bulan Ramadhan menjadi suatu kewajiban bagi umat muslim yang bhalig, sehat, berakal, dan mampu menjalankannya.

Selama berpuasa, terjadi peningkatan asupan energi dari gula dan lemak yang dikonsumsi sehingga protein dan zat-zat gizi mikro, khususnya kalsium berpeluang besar mengalami penurunan.

Dijelaskan Pakar Gizi Klinik Dr. dr. Fiastuti Witjaksono MSc, MS, Sp.GK, puasa bermanfaat bagi kesehatan untuk menstabilkan gula darah, kolesterol darah, memastikan detak jantung teratur, dan menurunkan berat badan.

Baca juga: Ibu Hamil Boleh Puasa, Asalkan...

Selain itu, puasa memberikan manfaat menurunkan tekanan darah tinggi sistolik sebesar 6-10 persen dan diastolic sebesar 4-10 persen.

Kendati begitu, selama berpuasa tubuh akan beradaptasi dan mengalami perubahan fungsi akibat berkurangnya asupan nutrisi selama lebih dari 12 jam, yang dapat membuat tubuh terasa lapar, haus, lesu, kurang tenaga, daya tahan tubuh menurun, hingga konstipasi.

Mengatur asupan gizi

Fiastuti memaparkan, berpuasa akan membuat pola makan berubah, sehingga penting sekali mengatur asupan gizi saat sahur dan berbuka, agar tubuh tetap memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

“Energi bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan susu,” papar Fiastuti dalam webinar yang diadakan Anlene seperti dikutip Kompas.com, Sabtu. 

Fiastuti menuturkan, waktu makan saat berpuasa akan terbagi menjadi tiga, yaitu sahur, buka, dan setelah shalat tarawih.

Pembagian porsi makanan ketika menjalankan puasa terdiri dari 40 persen saat sahur dan 60 persen saat berbuka, sebagai berikut:

- Sahur (40 persen)

  • Makan besar 30 persen
  • Makan kecil 10 persen (sebelum imsak)
  • Minum dua gelas air

- Buka (60 persen)

  • Makanan manis 15 persen
  • Makanan lengkap 30 persen
  • Minum empat gelas air
  • Buah atau makanan kecil 15 persen (setelah tarawih)
  • Minum dua gelas air (setelah tarawih)

Baca juga: Apa Saja Manfaat Madu untuk Menjaga Sistem Imunitas Tubuh?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com