Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
RS Pondok Indah Group

RS Pondok Indah Group adalah grup rumah sakit swasta yang mengelola tiga rumah sakit, yakni RS Pondok Indah - Pondok Indah, RS Pondok Indah - Puri Indah, dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya. Ketiga rumah sakit ini didukung para dokter ahli dari berbagai disiplin ilmu serta mengadopsi teknologi medis terkini untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan terdepan.

Asma Sering Kambuh Saat Malam, Bolehkah Vaksinasi Covid-19?

Kompas.com - 26/03/2022, 17:30 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Seorang pembaca Kompas.com berinisial FFM dan berusia 19 tahun dari Kabupaten Majalengka bertanya mengenai kelayakannya sebagai penderita asma untuk vaksinasi Covid-19:

"Begini Dok, saya itu punya komorbid yaitu asma. Setiap malam terutama waktu tidur sering kambuh. Pencegahannya saya suka pakai Symbicort sebelum tidur. Nah, yang ingin saya tanyakan apakah saya layak untuk melakukan vaksinasi?"

Baca juga: Pasien PPOK dan Asma Kena Covid-19, Bolehkah Pakai Terapi Inhalasi Kortikosteroid?

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Amira Anwar, Sp.P, FAPSAR, Dokter Spesialis Penyakit Paru & Pernapasan dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

dr. Amira Anwar, Sp.P, FAPSAR
Dokter Spesialis Penyakit Paru & Pernapasan
RS Pondok Indah ? Pondok IndahRS Pondok Indah dr. Amira Anwar, Sp.P, FAPSAR Dokter Spesialis Penyakit Paru & Pernapasan RS Pondok Indah ? Pondok Indah

Halo Bapak FFM, terima kasih atas pertanyaannya, ya.

Di masa pandemi ini diharapkan semua masyarat melakukan vaksinasi Covid-19, untuk mengurangi penyebaran infeksi Covid-19. Orang-orang dengan komorbid pun diharuskan melakukan vaksinasi dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Bagi Bapak yang memiliki komorbid asma, maka sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis paru dan pernapasan terlebih dahulu jika akan melakukan vaksinasi.

Pasien dengan asma akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan pencitraan rontgen dada dan pada beberapa penderita asma perlu dilakukan pemeriksaan tes fungsi paru/spirometri.

Baca juga: Catat, Pertolongan Pertama untuk Asma yang Penting Dipahami

Pasien asma yang boleh melakukan vaksinasi Covid-19 adalah pasien dengan asma terkontrol. Maksudnya adalah pasien-pasien asma tanpa gejala asma harian, tanpa keterbatasan aktivitas, tanpa adanya gejala malam, tanpa penggunaan obat pelega, tanpa eksaserbasi. Selain itu, tes fungsi paru normal atau mendekati normal.

Jika Bapak masih mengalami gejala sebelum tidur, artinya asma belum terkontrol. Sedangkan Symbicort adalah inhaler yang berfungsi sebagai pengontrol dan dipakai setiap hari, ada atau tidak ada gejala.

Jadi, apabila Bapak masih mengalami gejala malam sebaiknya Bapak berkonsultasi secara langsung dahulu dengan dokter yang menangani Bapak. Hal ini untuk mendapatkan rekomendasi dokter apakah Bapak boleh melakukan vaksinasi Covid-19 atau tidak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+