Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Organ Pencernaan Tambahan pada Manusia

21/02/2022, 09:35 WIB

KOMPAS.com - Tubuh kita memiliki sistem organ yang bersama-sama memiliki fungsi yang kompleks untuk fungsi-fungsi di tubuh manusia, salah satunya sistem pencernaan. Sistem pencernaan terdiri atas dua sistem organ, yaitu organ saluran pencernaan dan organ pencernaan tambahan.

Organ saluran pencernaan adalah organ utama yang langsung mengolah makanan, seperti mulut, kerongkongan, usus halus, usus besar, rektum, dan anus. Sedangkan organ pencernaan tambahan akan dibahas lebih detail di bawah ini.

Organ pencernaan tambahan

Sesuai namanya, organ pencernaan tambahan adalah organ-organ yang tidak berfungsi secara langsung, namun melengkapi organ saluran pencernaan. Organ-organ ini berfungsi menghasilkan enzim-enzim yang memecah makanan menjadi molekul yang lebih sederhana dan bisa diserap oleh tubuh.

Organ pencernaan tambahan adalah mulut, hati, pankreas, dan kantung empedu. Berikut penjelasannya.

1. Mulut

Mulut merupakan bagian dari organ pencernaan utama. Namun, mulut juga memiliki bagian organ pencernaan tambahan.

Terdapat tiga kelenjar di mulut yang berfungsi menyekresikan enzim yang membantu memecah molekul makanan di mulut. Kelenjar tersebut adalah kelenjar submandibularis, sublingualis, dan parotis.

2. Hati

Hati adalah organ kelenjar terbesar di tubuh. Fungsi utamanya adalah menyaring zat-zat berbahaya di dalam darah.

Sedangkan untuk pencernaan, hati memproduksi empedu yang berfungsi untuk mengabsorpsi lemak, protein, dan karbohidrat. Hati juga berfungsi menjadi tempat penyimpanan vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K.

Baca juga: Fungsi dari Organ-Organ Pencernaan Manusia

3. Pankreas

Pankreas berada di dekat lambung. Pankreas berfungsi menghasilkan cairan pankreas dan hormon insulin. Cairan pankreas akan masuk ke dalam usus untuk memecah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan insulin berfungsi untuk mengubah glukosa dalam darah menjadi glikogen dan disimpan di hati.

4. Kantung empedu

Kantung empedu terletak di bawah hati. Kantung ini akan menghasilkan getah empedu yang mengandung bilirubin. Getah ini akan dikeluarkan di usus halus dan berperan untuk mengemulsi lemak agar lebih mudah dicerna tubuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+