Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2022, 07:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Flamingo adalah burung air berkaki panjang yang biasanya memiliki bulu berwarna merah muda cerah.

Warna merah muda pada bulu flamingo, meskipun telah menjadi ciri khas mereka, bukanlah sifat turun temurun. 

Flamingo sebenarnya terlahir dengan warna abu-abu kusam. Jadi, bulu berwarna merah muda tersebut bukan bagian dari DNA mereka.

Mengapa flamingo berwarna pink?

Dilansir dari BBC Life in Colour, flamingo muda memiliki bulu berwarna abu-abu atau putih.

Flamingo mulai mengembangkan bulu merah muda mereka setelah mendapat makanan udang air asin dan ganggang biru-hijau, makanan yang kemungkinan akan membunuh hewan lain. 

Baca juga: Efek Perubahan Iklim pada 5 Hewan, dari Beruang Kutub sampai Burung Amazon

“Flamingo cenderung hidup di lahan basah yang tidak ramah dan relatif terpencil, seperti danau yang pH-nya sangat basa sehingga bisa membakar daging manusia hingga tulangnya. Di dalam air ini, bagaimanapun, merupakan sumber makanan yang belum dimanfaatkan seperti krustasea, cyanobacteria dan ganggang diatom," jelas Dr. Paul Rose, ahli zoologi dari University of Exeter

"Semua ini bisa berbahaya bagi banyak hewan lain karena mengandung bahan kimia beracun yang disebut karotenoid."

Jadi, bagaimana flamingo bisa makan makanan ini tanpa jatuh sakit parah? 

Flamingo diberkati dengan metabolisme khusus sehingga organ hati mereka dapat memproses bahan kimia berbahaya, memecahnya menjadi komponen fungsional dan pigmen.

Baca juga: Meski Dikenal Pendiam, Burung Unta Senang Berteriak Saat Musim Kawin

Pigmen inilah yang akhirnya mengubah warna bukan hanya bulu flamingo. 

"Kulit, selaput lendir, kuning telur dan bahkan lemak mereka diwarnai merah muda dan warna serupa seperti oranye," kata Rose. 

“Perlu dicatat juga bahwa ini hanya bekerja dengan pigmen merah muda. Anda tidak bisa memberi pewarna makanan biru flamingo dan berharap itu berubah menjadi biru juga, misalnya,” jelasnya.

Menariknya, sementara flamingo berwarna merah muda, terutama akibat dari dari makanan mereka, warna merah muda tersebut memiliki arti khusus selama musim kawin. 

“Sebagai flamingo, semakin berwarna merah muda, maka ia semakin sehat dan berkualitas. Ini adalah cerminan langsung dari seberapa baik flamingo mencari makan. Dan ini bisa menggunakannya untuk menarik pasangan dalam ritual perkawinan,” ujar Rose.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com