Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 08/11/2022, 11:09 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Sapi dan kerbau termasuk dalam kategori hewan ruminansia. Tidak seperti hewan lain, hewan ruminansia memiliki sistem pencernaannya sendiri.

Pada sapi, misalnya, proses pencernaan makanan memiliki beberapa tahapan, yakni pencernaan secara mekanis, pencernaan pada rumen, retikulum, omasum, usus halus, dan usus besar.

Dilansir dari Dinas Peternakan Pemerintah Kabupaten Lebak, berikut adalah penjelasan mengenai proses pencernaan pada hewan ruminansia.

1. Pencernaan secara mekanis

Sapi makan rumput di pematang sawah disekitar kawasan karst di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (11/11/2012). Gugusan batu kapur seluas 300.000 hektar di Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan itu juga merupakan penampung air raksasa yang memasok air bersih dan sumber irigasi.
KOMPAS/AGUS SUSANTO Sapi makan rumput di pematang sawah disekitar kawasan karst di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Maros, Sulawesi Selatan, Minggu (11/11/2012). Gugusan batu kapur seluas 300.000 hektar di Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan itu juga merupakan penampung air raksasa yang memasok air bersih dan sumber irigasi.

Pencernaan secara mekanis dilakukan di dalam mulut. Makanan yang sudah dikunyah di dalam mulut, setelah istirahat, akan dikeluarkan kembali, dan dikunyah lebih halus.

Proses pencernaan ini dibantu oleh air liur atau saliva untuk membuat proses pengunyahan lebih mudah.

Baca juga: Tips Memasak Daging Sapi agar Lebih Sehat, Perhatikan Suhunya

Selain itu, air liur juga membantu menetralkan asam dari pakan ternak saat masuk ke dalam rumen.

2. Pencernaan pada rumen

Rumen adalah perut besar dan merupakan bagian lambung paling besar dalam pencernaan hewan ruminansia.

Fungsi rumen adalah sebagai tempat fermentasi oleh mikroba, tempat absorbsi VFA, dan tempat pencampuran makanan.

Rumen sapi memiliki jenis bakteri yang berbeda dengan jumlah yang sangat banyak. Selain itu, terdapat beberapa tipe protozoa yang membantu memanfaatkan serat dari bahan pakan dan sumber nitrogen non protein.

Ilustrasi bagian dalam perut sapi bobo.grid.id/Aling Ilustrasi bagian dalam perut sapi

3. Pencernaan pada retikulum

Retikulum adalah organ pencernaan hewan ruminansia yang bagian dalamnya mirip dengan jala sehingga disebut juga perut jala.

Baca juga: Nutrisi dan Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan

Fungsi retikulum adalah sebagai tempat fermentasi pakan oleh mikroorganisme. Hasil fermentasi dari retikulum adalah VFA, amonia, dan air.

3. Pencernaan pada omasum

Omasum adalah lambung ketiga yang dimiliki hewan ruminansia. Disebut sebagai perut buku, omasum memiliki lipatan-lipatan seperti buku.

Proses pencernaan pada omasum masih termasuk fermentasi mikroorganisme. Selain itu, omasum juga berfungsi mengatur arus ingesta ke abomasum dan menyaring partikel yang besar.

4. Pencernaan pada abomasum

Abomasum terbagi menjadi tiga, yakni florika (sekresi mukus), fundika (sekresi pepsinogen, renin, dan mukus), serta kardia (sekresi mukus).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com