Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kesehatan Kulit, Perhatikan Ini Saat Memilih Skincare

Kompas.com - 06/02/2022, 09:03 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah menjadi impian banyak orang. 

Selain menghidrasi dan memberikan nutrisi yang cukup agar kulit tetap sehat, memilih skincare atau produk-produk kecantikan yang tepat bagi wajah juga menjadi hal penting.

Lantas, bagaimana tips memilih skincare yang baik?

Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman dr Ismiralda Oke Putranti mengatakan, prinsip dasar skincare terdiri dari pembersih, pelembab, pengelupasan, dan perlindungan dari paparan sinar matahari.

Baca juga: Belajar dari Kasus Richard Lee dan Kartika Putri soal Skincare, Ini Bahaya Merkuri dan Hidrokuinon

Walaupun beberapa menambahkan pencerah, namun tidak semua membutuhkannya. Hal ini dikarenakan, perawatan yang baik akan membuat kulit tampak lebih cerah.

“Kalau perawatannya cukup baik secara otomatis akan tampak kulitnya lebih cerah,” ujar Oke seperti dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Sabtu (5/2/2022).

Dalam pemilihan skincare, lanjut dia, terlebih dahulu harus memahami jenis kulit masing-masing. Ini salah satunya dapat dilakukan dengan berkonsultasi kepada ahli.

5 langkah perawatan untuk kulit

1. Pembersih

Dalam perawatan kulit, kebersihan wajib dijaga. Pembersihan secara rutin dengan sabun atau pembersih wajah lain harus dilakukan minimal dua kali sehari.

Saat membersihkan kulit tidak diperbolehkan memakai alat-alat yang kasar sebab akan merusak lapisan kulit dan mengiritasinya.

Pemilihan sabun atau pembersih juga harus disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk kulit yang kering dan sensitif, dapat menghindari pemakaian sabun yang kaya busa, pilih yang mengandung banyak pelembab dan bebas parfum.

2. Pelembab

Pelembab terutama dipakai setelah mandi atau cuci muka, dapat dilakukan dalam waktu kurang dari lima menit setelah mandi atau cuci muka. Hal ini agar pelembab dapat menyerap air dan menyimpannya dalam kulit, sehingga lebih lembab.

Idealnya, pelembab digunakan di seluruh tubuh, dengan krim untuk wajah dan lotion untuk badan. Dalam memilihnya, sesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.

3. Pengelupasan

Pada dasarnya kulit akan beregenerasi baik apabila terdapat rangsangan pengelupasan. Ini bertujuan membantu pengelupasan yang lebih terkontrol secara merata dan optimal, sehingga regenerasi kulit akan lebih baik.

Saat beregenerasi, kulit akan terlihat lebih bagus, kenyal, dan garis-garis penunaan akan memudar.

4. Perlindungan

Kulit harus diberikan perlindungan dari paparan sinar matahari. Suncreen atau sunblock wajib digunakan sejak kecil karena secara umum paparan sinar matahari lebih banyak memberikan kerusakan dibandingkan manfaatnya membentuk vitamin D.

Pada produk sunscreen atau sunblock, sering ditemukan SPF (sun protecting factor), yang menunjukkan kekuatan produk tersebut dalam melindungi kulit daripada kulit yang tidak terlindungi sama sekali.

Penggunaan SPF di Indonesia disarankan minimal 15-30, dan penggunaannya wajib diulang minimal 3-4 jam atau bila terkena air.

Baca juga: Mengandung Bahan Kimia Berbahaya, Ini Efek Sampo Palsu pada Kulit

5. Pencerah

Produk pecerah rata-rata digunakan saat malam hari sebagai krim malam. Tapi, bahan yang sifatnya mencerahkan telah banyak dikombinasikan dengan pelembab seperti asam niasinamid, vitamin C, AHA, dan lain-lain.

Perlu digarisbawahi, maraknya penjualan berbagai produk skincare secara online, membuat siapa pun harus lebih waspada dan memastikan keasliannya, termasuk cek kelegalan produk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com