Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astronot China Rayakan Tahun Baru Imlek 2022 di Luar Angkasa

Kompas.com - 03/02/2022, 09:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space


KOMPAS.com - Perayaan Tahun Baru China 2573 kali ini cukup berbeda bagi astronot China dari misi Shenzhou 13. Sebab, untuk pertama kalinya, para astronot rayakan Imlek 2022 di luar angkasa.

Pasalnya, mereka merayakan kemeriahan Imlek dari stasiun ruang angkasa China, tepatnya di stasiun Tiangong yang berada sekitar 400 kilometer di atas Bumi.

Para astronot atau yang disebut taikonaut itu pertama kalinya merayakan Spring Festival yaitu festival musim semi di orbit Bumi.

Menurut China National Space Administration (CNSA), para taikonaut sebenarnya sedang menjalankan misi Shenzhou 13 selama enam bulan di luar angkasa, namun tak ingin ketinggalan merayakan Tahun Baru Imlek di luar angkasa.

Baca juga: Astronot China Lakukan Spacewalk Pertama di Luar Stasiun Ruang Angkasa Baru

 

Ketiga astronot China yang turut memberi ucapan Imlek dalam misi tersebut di antaranya Zhai Zhigang, Wang Yaping, serta Ye Guangfu.

"Mereka telah menghiasi modul inti stasiun ruang angkasa dengan potongan kertas tradisional China, serta lentera merah untuk merayakan festival musim semi," ujar pejabat China yang tidak disebutkan namanya itu.

Dilansir dari Space, Selasa (1/2/2022) astronot dari China Astronaut Research and Training Center, Zhai Zhigang pun turut membuat hiasan kertas dengan tulisan ucapan Tahun Baru Imlek yang artinya kebahagiaan sudah datang.

"Saya mengucapkan selamat tahun baru, (semoga selalu) sehat, semoga sukses dan tahun Macan yang penuh keberuntungan," kata Zhigang dalam rekaman yang ditayangkan CCTV.

Saat para astronot China rayakan Imlek di luar angkasa, mereka juga melakukan tradisi yang kerap dilakukan seperti memakan tiga macam dumpling, semacam pangsit isi daging saat makan malam.

Baca juga: Astronot China Bawa 120 Menu Makanan untuk Bekal di Stasiun Luar Angkasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com