Kompas.com - 03/02/2022, 09:01 WIB


KOMPAS.com - Perayaan Tahun Baru China 2573 kali ini cukup berbeda bagi astronot China dari misi Shenzhou 13. Sebab, untuk pertama kalinya, para astronot rayakan Imlek 2022 di luar angkasa.

Pasalnya, mereka merayakan kemeriahan Imlek dari stasiun ruang angkasa China, tepatnya di stasiun Tiangong yang berada sekitar 400 kilometer di atas Bumi.

Para astronot atau yang disebut taikonaut itu pertama kalinya merayakan Spring Festival yaitu festival musim semi di orbit Bumi.

Menurut China National Space Administration (CNSA), para taikonaut sebenarnya sedang menjalankan misi Shenzhou 13 selama enam bulan di luar angkasa, namun tak ingin ketinggalan merayakan Tahun Baru Imlek di luar angkasa.

Baca juga: Astronot China Lakukan Spacewalk Pertama di Luar Stasiun Ruang Angkasa Baru

 

Ketiga astronot China yang turut memberi ucapan Imlek dalam misi tersebut di antaranya Zhai Zhigang, Wang Yaping, serta Ye Guangfu.

"Mereka telah menghiasi modul inti stasiun ruang angkasa dengan potongan kertas tradisional China, serta lentera merah untuk merayakan festival musim semi," ujar pejabat China yang tidak disebutkan namanya itu.

Dilansir dari Space, Selasa (1/2/2022) astronot dari China Astronaut Research and Training Center, Zhai Zhigang pun turut membuat hiasan kertas dengan tulisan ucapan Tahun Baru Imlek yang artinya kebahagiaan sudah datang.

"Saya mengucapkan selamat tahun baru, (semoga selalu) sehat, semoga sukses dan tahun Macan yang penuh keberuntungan," kata Zhigang dalam rekaman yang ditayangkan CCTV.

Saat para astronot China rayakan Imlek di luar angkasa, mereka juga melakukan tradisi yang kerap dilakukan seperti memakan tiga macam dumpling, semacam pangsit isi daging saat makan malam.

Baca juga: Astronot China Bawa 120 Menu Makanan untuk Bekal di Stasiun Luar Angkasa

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Space
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.