Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pfizer Ajukan EUA Vaksin Covid-19 untuk Anak Balita, Bagaimana Penelitiannya?

Kompas.com - 02/02/2022, 16:30 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Perusahaan farmasi Pfizer-BioNTech telah mengajukan permintaan otoritasi penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Amerika Serikat untuk vaksin Covid-19 untuk anak-anak berusia lima tahun ke bawah atau anak balita.

Seperti diketahui, saat ini anak-anak berusia kurang dari lima tahun belum memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 untuk anak.

Melansir NDTV, perusahaan meminta otorisasi darurat untuk rejimen vaksinasi dua dosis vaksin Pfizer yang ditujukan bagi anak berusia 6 bulan hingga 5 tahun pada 1 Februari 2022.

Menurut Amerian Academy of Pediatrics, infeksi Covid-19 pada anak-anak telah melonjak di tahun ini hingga tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan puncak gelombang Delta tahun lalu, melampaui 3,5 juta kasus pada Januari.

FDA berharap persetujuan suntikan vaksin Covid-19 untuk anak-anak balita diperoleh akhir Februari.

Baca juga: FDA Izinkan Vaksin Covid-19 Pfizer untuk Anak Usia 5 hingga 11 Tahun

 

Terkait pengajuan izin vaksin Covid-19 Pfizer untuk balita, dilansir The Washington Post, Rabu (2/2/2022) orang tua dengan anak di bawah 5 tahun menghadapi momen yang sangat menantang dalam pandemi ini.

Pada bulan Desember, perusahaan mengumumkan dua dosis vaksin untuk anak berusia 2-4 tahun tidak memicu respons imun yang sebanding dengan yang dihasilkan remaja dan orang dewasa.

Namun, rejimen dua suntikan menciptakan respons imun protektif pada anak-anak berusia 6 bulan hingga 2 tahun.

Oleh karenanya, pembuat obat menambahkan suntikan ketiga ke percobaan untuk meningkatkan respons kekebalan bagi anak-anak, dalam uji vaksin Pfizer untuk usia 6 bulan hingga 5 tahun ini.

Perusahaan berharap dosis ketiga vaksin Pfizer untuk balita dapat diberikan delapan minggu setelah dua suntikan vaksin, akan memberikan efektivitas perlindungan dari Covid-19 yang diinginkan, meskipun hasilnya tidak akan tersedia sampai akhir Maret atau awal April.

Baca juga: Targetkan 50 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Pfizer Mulai Ajukan EUA ke FDA

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com