Kompas.com - 29/01/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.comOCD adalah salah satu penyakit gangguan mental yang terus berulang. OCD tidak hanya menyerang orang dewasa namun juga muncul pada anak-anak. Kenali tanda-tanda OCD pada anak berikut ini agar tepat penanganannya.

OCD pada anak

OCD adalah singkatan dari obsessive compulsive disorder. OCD adalah salah satu gangguan kecemasan yang ditandai dengan pikiran dan perilaku yang berulang. Gangguan ini bisa menyerang anak-anak dan menyebabkan perilaku yang tidak diinginkan.

Anak yang memiliki OCD biasanya memiliki ketakutan akan sesuatu secara berlebihan, seperti ketika menyentuh benda yang kotor. Anak dengan OCD juga mungkin melakukan suatu perilaku secara berlebihan, misalnya cuci tangan secara berlebihan.

Penting untuk menjaga rutinitas yang normal pada anak dengan OCD untuk mengurangi gejala OCD ketika anak tumbuh besar. Rutinitas ini juga akan membantu anak untuk mengatasi kecemasan yang mereka rasakan.

Gejala OCD pada anak

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut adalah gejala OCD pada anak:

  • Memikirkan hal yang mungkin terjadi secara terus menerus sehingga menimbulkan kecemasan
  • Mengucapkan hal yang sama berulang-ulang, baik secara lisan maupun tertulis
  • Melakukan hal yang sama berulang-ulang, misalnya cuci tangan, mengatur tata letak benda, mengecek hal yang sama berulang-ulang
  • Harus melakukan sesuatu berulang-ulang dan berdasarkan peraturan yang sudah ada untuk mengurangi rasa cemas

Gejala-gejala tersebut dirasakan karena mereka merasa hal yang mereka lakukan tersebut mampu mencegah hal buruk terjadi atau membuat mereka merasa lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Pengertian, Gejala, dan Penyebab OCD

Perawatan OCD pada anak

Terdapat beberapa pilihan terapi OCD untuk anak. Terapi ini bisa dipilih dan dikombinasikan berdasarkan rekomendasi terapis.

  • Terapi kognitif dan perilaku
  • Terapi keluarga
  • Pengobatan untuk meningkatkan kadar serotonin di otak
  • Pemberian antibiotik
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.