Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Transplantasi Rambut, Prosedur yang Dijalani Anang Hermansyah di Turki

Kompas.com - 06/01/2022, 12:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Musisi Anang Hermansyah melakukan transplantasi rambut, dan kini memiliki tampilan baru usai menjalani prosedur tersebut. Dalam unggahan terbaru di akun Instagramnya, Anang terlihat botak setelah melakukan tanam rambut.

"Aku sudah sampai di New Hair Time, aku nemenin pipiku yang tercinta ini yang sangat bersemangat untuk membenarkan rambutnya biar lebih muda lagi," kata Atta Halilintar seperti dikutip dari kanal YouTube pribadinya, Rabu (5/1/2022).

Anang pun mengaku senang karena akan melakukan transplantasi pada rambutnya, dan merasa terlihat lebih muda. Dia pun berkonsultasi dengan dokter yang menanganinya, sebelum transplantasi rambut dilakukan.

Dijelaskan dokter tersebut, nantinya bagian depan kepala Anang yang kosong akan ditanam rambut, bagian tengah kepala yang rambutnya tipis pun akan dilebatkan.

"Untuk bagian donornya diambil dari sini ke belakang (rambut kepala bagian kanan), ini (bagian depan) nanti akan penuh dengan rambut, dan bagian atas yang kosong-kosong atau jarang-jarang akan dirapatkan," terangnya.

Selain Anang, sebelumnya musisi Kevin Aprilio juga pernah melakukan transplantasi rambut di Turki. Dia bahkan turut mengomentari unggahan Anang d akun instagramnya.

"Weits teman seperjuangan. Mantap mas," tulis Kevin Aprilio.

Baca juga: Video Viral Keramas Pakai Kopi Hitam di TikTok, Ini Manfaat Kopi untuk Rambut

Anang Hermansyah transplantasi rambut di Turki, prosedur tanam rambut yang juga pernah dilakukan Kevin Aprilio, jadi prosedur apakah itu? 

Dilansir dari Healthline, Kamis (3/1/2019) transplantasi rambut adalah prosedur oleh ahli bedah plastik atau ahli dermatologi untuk mengembalikan rambut yang mengalami penipisan dan kebotakan.

Dokter biasanya memindahkan rambut dari belakang atau samping kulit kepala ke bagian depan atau atas kulit kepala.

Kebotakan sendiri bisa disebabkan karena pola makan, stres, penyakit tertentu, ketidakseimbangan hormon, serta konsumsi obat-obatan.

Tanam rambut seperti yang dijalani Anang Hermansyah dapat meningkatkan penampilan dan kepercayaan diri bagi orang dengan rambut tipis atau mengalami kebotakan parah.

Akan tetapi, transplantasi rambut tidak direkomendasikan bagi beberapa kondisi, termasuk:

  • Kerontokan rambut yang meluas di seluruh kulit kepala 
  • Seseorang yang memiliki bekas luka keloid atau bekas luka tebal dan berserat yang muncul setelah cedera atau operasi
  • Kerontokan rambut yang disebabkan karena pengobatan seperti kemoterapi

Metode transplantasi rambut Anang Hermansyah

Dalam prosedur transplantasi rambut seperti yang dilakukan  Anang Hermansyah, ada dua jenis metode yang digunakan ahli bedah untuk mentransplantasikan rambut, di antaranya adalah follicular unit transplantation (FUT) dan follicular unit extraction (FUE).

Baca juga: 7 Penyebab Rambut Sering Rontok, Bisa Karena Stres

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com