Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misteri Api di Australia, Membara Selama 6.000 Tahun

Kompas.com - 04/01/2022, 07:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada hal yang menarik ketika berkunjung di sebuah taman nasional di Australia.

Di tempat yang terletak di bawah Gunung Wingen di negara bagian New South Wales, api berkobar di bawah tanah setidaknya selama 6.000 tahun atau bahkan bisa jauh lebih lama dari perkiraan.

Tempat yang kemudian dikenal sebagai Burning Mountain itu pun menjadi api tertua yang diketahui di planet ini.

Baca juga: Danau Hillier, Danau Berwarna Merah Muda di Australia

Mengutip Science Alert, Senin (3/1/2022), api bawah tanah itu adalah lapisan batu bara yang terbakar. Setelah menyala, api bawah tanah ini hampir mustahil dipadamkan.

Perlahan tapi intens, mereka melakukan perjalanan menuju lapisan batu bara yang terletak di bawah permukaan Bumi.

"Tidak ada yang tahu ukuran api di bawah Burning Mountain. Anda hanya bisa menyimpulkannya. Kemungkinan seperti bola berdiameter sekitar 5 hingga 10 meter dan mencapai suhu 1.000 derajat celsius," jelas Guillermo Rein, profesor ilmu api di Imperial College London, Inggris.

Namun, tak seperti api biasa, api lapisan batu bara yang menyala di bawah tanah itu membara. Ini berarti tak ada api, tetapi lebih seperti bara api di barbekyu.

Bara api tersebut membakar sekitar 30 meter di bawah tanah dan bergerak ke selatan dengan kecepatan sekitar 1 meter per tahun.

Satu-satunya bukti keberadaannya adalah asap dan abu putih, serta tanah yang hangat saat disentuh. Selain itu juga bebatuan yang berubah warna menjadi kuning dan merah, lalu bau belerang yang menguar.

Namun, meski sebagian besar api tak terlihat, jalur yang terbakar tertutup abu dan tanpa adanya kehidupan tanaman, bahkan rumput pun tidak.

Selama ini banyak kebakaran lapisan batu bara yang disebabkan oleh campur tangan manusia, misalnya di pertambangan batu bara. Tapi itu hanya terjadi sekejap mata, jika dibandingkan dengan yang terjadi ribuan tahun di Burning Mountain.

Baca juga: Jamur Langka dari Australia Ini Punya Bentuk Mirip Jari Tangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com