Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Satpam Tersambar Petir, Apa yang Harus Dihindari Saat Petir Menyambar?

Kompas.com - 28/12/2021, 17:31 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di musim hujan, sambaran petir menjadi salah satu hal yang harus diwaspadai. Sudah banyak kejadian manusia tersambar petir, salah satunya yang ramai dari sebuah video viral di media sosial, yang menunjukkan seorang satpam tersambar petir.

Kepala Bidang Diserminasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, petir adalah kilatan cahaya yang berbunyi keras di langit yang sdatang saat hujan lebat atau mendung yang gelap.

Saat terjadi hujan lebat, ujar dia, petir muncul disebabkan awan konvektif yang menjulang tinggi.

“Fenomena ini diawali dengan kilatan cahaya yang biasa disebut kilat atau halilintar dan beberapa saat kemudian terdengar suara menggemuruh yang disebut dengan guntur,” ujar Hary saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Menurut dia, petir umumnya terjadi saat musim penghujan dikarenakan udara mengandung lebih banyak uap air yang tinggi, mengakibatkan daya isolasi udara turun dan arus lebih mudah melewati.

Baca juga: Bagaimana Manusia Bisa Tersambar Petir?

 

Kendati begitu, petir tidak selalu hadir saat hujan turun. Meskipun dalam video tampak hujan lebat tampak terjadi saat seorang satpam tiba-tiba tersambar petir.

“Memang benar jika turun hujan kemungkinan akan ada petir. Namun petir bukan berasal dari hujan melainkan dari awan konvektif,” kata Hary.

Perlu diketahui, terdapat dua awan konvektif, yaitu awan cumulus dan awan cumulonimbus. Adapun fenomena petir maupun kilat dihasilkan oleh awan cumulonimbus.

Apa yang harus dihindari saat terjadi petir?

Apabila terjadi sambaran petir, usahakan untuk sesegera mungkin masuk dalam ruangan dan tidak berlindung di bawah pohon. Ini dikarenakan pohon tinggi dapat menjadi objek penangkal petir dan energinya dapat merambat ke dalam tubuh.

Kejadian dalam video yang viral menunjukkan satpam berada di tempat terbuka saat petir menyambarnya. Namun, saat terjadi sambaran petir, hindari tempat terbuka seperti kolam renang, lapangan, persawahan yang luas, dan lainnya.

Baca juga: 5 Fakta tentang Petir, Salah Satunya Bisa Membunuh Manusia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com