Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Viral Satpam Tersambar Petir, Apa yang Harus Dihindari Saat Petir Menyambar?

Kepala Bidang Diserminasi Iklim dan Kualitas Udara Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, petir adalah kilatan cahaya yang berbunyi keras di langit yang sdatang saat hujan lebat atau mendung yang gelap.

Saat terjadi hujan lebat, ujar dia, petir muncul disebabkan awan konvektif yang menjulang tinggi.

“Fenomena ini diawali dengan kilatan cahaya yang biasa disebut kilat atau halilintar dan beberapa saat kemudian terdengar suara menggemuruh yang disebut dengan guntur,” ujar Hary saat dihubungi Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Menurut dia, petir umumnya terjadi saat musim penghujan dikarenakan udara mengandung lebih banyak uap air yang tinggi, mengakibatkan daya isolasi udara turun dan arus lebih mudah melewati.

Kendati begitu, petir tidak selalu hadir saat hujan turun. Meskipun dalam video tampak hujan lebat tampak terjadi saat seorang satpam tiba-tiba tersambar petir.

“Memang benar jika turun hujan kemungkinan akan ada petir. Namun petir bukan berasal dari hujan melainkan dari awan konvektif,” kata Hary.

Perlu diketahui, terdapat dua awan konvektif, yaitu awan cumulus dan awan cumulonimbus. Adapun fenomena petir maupun kilat dihasilkan oleh awan cumulonimbus.

Apa yang harus dihindari saat terjadi petir?

Apabila terjadi sambaran petir, usahakan untuk sesegera mungkin masuk dalam ruangan dan tidak berlindung di bawah pohon. Ini dikarenakan pohon tinggi dapat menjadi objek penangkal petir dan energinya dapat merambat ke dalam tubuh.

Kejadian dalam video yang viral menunjukkan satpam berada di tempat terbuka saat petir menyambarnya. Namun, saat terjadi sambaran petir, hindari tempat terbuka seperti kolam renang, lapangan, persawahan yang luas, dan lainnya.

Jika tengah mengendari sepeda motor saat sambaran petir terjadi, maka segera berhenti dan mencari tempat berteduh yang aman.

Selain itu, hindari berada di dekat tiang listrik atau logam-logam lainnya yang dapat menghantarkan aliran arus listrik.

Hindari menggunakan ponsel secara berlebih saat terjadi hujan disertai petir, terlebih dalam kondisi sedang mengisi daya atau di-charge.

Sebab, saat ponsel tengah diisi daya, jaringan listrik di luar ruangan dapat tersambar petir dan menjalar ke ponsel yang dapat membahayakan penggunanya.

Sementara itu, terdapat beberapa cara menghindari sambaran petir di lingkungan rumah, seperti:

  • Tidak memasang tiang antena TV atau sejenisnya yang terbuat dari logam terhubung ke bagian instalasi rumah dengan posisi tinggi
  • Antena yang terbuat dari logam dapat dipasang setidaknya lebih rendah daripada pohon tinggi atau objek tinggi lainnya di sekitar
  • Memasang alat penangkal petir di sekitar rumah

Proses terjadinya petir

Hary memaparkan, awan berjalan secara teratur dan selama perjalannya akan berhubungan dengan awan-awan lainnya yang mengakibatkan berkumpulnya muatan negatif di salah satu sisi, baik di atas atau di bawah, sedangkan muatan positif berkumpul di sisi lainnya.

Apabila perbedaan potensial di antara awan dan bumi besar, maka akan berakibat terjadinya pembuangan muatan negatif atau disebut elektron.

Dalam proses pembuangan ini, udara merupakan media yang akan dilalui elektron.

Jika muatan elektron dapat menembus batas isolasi udara, maka inilah menjadikan suara ledakan atau guntur.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/12/28/173100623/viral-satpam-tersambar-petir-apa-yang-harus-dihindari-saat-petir-menyambar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke