Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Bangsa Viking Lakukan Ritual Penyiksaan | Ancol Lokasi Formula E 2020 Waspada Banjir Rob

Kompas.com - 24/12/2021, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Sebelum musnah, bangsa Viking ternyata melakukan ritual penyiksaan yang mengerikan. Ini adalah salah satu berita populer Sains sepanjang Kamis (23/12/2021).

Hingga Jumat (24/12/2021) pagi, ulasan mengenai kekejaman bangsa Viking masih menjadi berita populer Sains.

Ritual penyiksaan tersebut disebut elang darah atau blood eagle ritual, yang menunjukkan kebrutalan dan kekejaman bangsa Viking di masa lalu.

Tak hanya itu, studi mengenai varian Omicron, kian menunjukkan seperti apa karakteristik virus Omicron yang kini mulai mengkhawatirkan dunia, termasuk di Indonesia.

Selengkapnya, berikut ini beberapa rangkuman berita-berita populer Sains sepanjang Kamis (23/12/2021) hingga Jumat (24/12/2021).

Bangsa Viking lakukan ritual penyiksaan

Selama ini, ritual penyiksaan yang kejam oleh orang-orang Viking hanya tergambar dalam puisi epik dan kisah-kisah yang diturunkan dari Abad Pertengahan.

Namun, apakah cerita bangsa Viking lakukan ritual penyiksaan yang disebut blood eagle ritual ini benar-benar ada, para peneliti dan sejarawan mencoba mengulik kebenaran kisah tersebut.

Studi itu dilakukan tim peneliti, termasuk ahli anatomi dari Universitas Keele untuk mengungkap kebenaran kisah-kisah ritual penyiksaan mengerikan sebelum bangsa Viking musnah.

Para peneliti melakukan simulasi menggunakan perangkat lunak anatomi modern canggih yang dikombinasikan dengan penilaian ulang cerita, serta catatan sejarah tentang bagaimana ritual dilakukan.

Seperti apa ritual penyiksaan bangsa Viking ini terungkap, selengkapnya berita populer Sains ini bisa dibaca di sini.

Baca juga: Sebelum Musnah, Bangsa Viking Lakukan Ritual Penyiksaan yang Mengerikan

Banjir rob di Ancol yang jadi sirkuit Formula E 2020

Perhelatan Formula E 2020 secara resmi akan dilakukan di Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni 2022.

Akan tetapi, penetapan lokasi sirkuit Formula E di Ancol ini dibayangi ancaman banjir rob, sebab wilayah pesisir utara Jakarta kerap menjadi wilayah terdampak banjir.

Potensi banjir rob atau banjir pesisir, terutama di kawasan Ancol, menjadi perhatian Pemprov DKI Jakarta saat nantinya Formula E berlangsung.

BMKG telah mengimbau untuk mewaspadai potensi banjir rob yang diperkirakan dapat terjadi pada bulan Juni 2022.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo menjelaskan, berdasarkan kalender pasang surut tahun 2022, terdapat tanggal-tanggal yang harus diwaspadai terkait potensi banjir rob di Ancol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com