Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sungai Terbersih di Dunia, Nomor 1 Pernah Jadi Sungai Paling Kotor

Kompas.com - 18/12/2021, 18:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comSungai merupakan salah satu sumber air untuk kehidupan makhluk hidup di sekitarnya. Sayangnya, banyak sungai tidak terawat dan malah menjadi kotor. Tentu sungai seperti ini tidak bisa menjadi sumber air bagi kehidupan. Tahukah kamu dimana sungai paling bersih di dunia?

1. Sungai Thames, Inggris

Sungai paling bersih di dunia adalah Sungai Thames. Sungai ini menjadi kebanggaan bagi warga London karena kebersihan dan keindahannya. Padahal sungai ini terletak di tengah kota, namun tetap berhasil mempertahankan kebersihannya.

Uniknya, dahulu Sungai Thames dianggap sebagai ‘sungai mati’. Maksudnya, kontaminasi sungai tersebut sudah sangat tinggi sehingga semua organisme di sungai tersebut mati. Bahkan, pada tahun 1866, air dari Sungai Thames dipercaya menjadi salah satu penyebab merebaknya penyakit kolera kala itu karena sungai tersebut dijadikan sumber air minum.

Hal tersebut melatarbelakangi pemerintah setempat untuk mengurus sungai tersebut dengan berbagai upaya. Hasilnya, Sungai Thames sekarang menjadi sungai terbersih di dunia.

2. Sungai Tara, Eropa

Sungai terbersih kedua adalah Sungai Tara yang membentang di pegunungan dalam Eropa, tepatnya di pegunungan Montenegro dan Bosnia-Herzegovina. Sungai Tara terletak di daerah yang sangat minim polusi sehingga kebersihan airnya terjaga. Bahkan, sungai ini menjadi sungai yang dilindungi UNESCO sebagai kekayaan alam dan cagar biosfer.

Baca juga: 5 Sungai Terpanjang di Dunia, Ada yang Melintasi 11 Negara

3. Sungai St. Croix, Amerika Serikat

Sungai St. Croix adalah sungai yang memiliki panjang sekitar 264 kilometer. Sungai ini mengalir melewati negara bagian Wisconsin dan Minnesota. Sungai ini dilindungi oleh National Park Service dan menjadi sumber daya air untuk pembangkit listrik bagi warga Minneapolis.

Pada tahun 1830-an, sungai ini sempat menjadi sangat kotor akibat maraknya industri kayu yang menggunakan Sungai St. Croix sebagai jalur transportasi. Oleh karena itu, pada tahun 1915, pemerintah mengambil alih dan membuatnya kembali menjadi sungai terbersih di dunia.

4. Sungai Torne, Eropa

Sungai Torne mengalir melewati Swedia dan Finlandia. Sungai ini sangat bersih dan minim polusi karena jauh dari pemukiman warga. Pemukiman warga yang paling dekat dari sungai ini adalah Kurravaara yang terletak sejauh 12 kilometer dari Sungai Torne.

5. Sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan

Sungai Cheonggyecheon merupakan contoh sungai urban yang paling unik. Sungai ini awalnya sudah terkubur dan tidak lagi digunakan akibat pembangunan jalan. Namun, pemerintah memutuskan mengembalikan sungai ini pada tahun 1999.

Tidak hanya mengembalikan fungsi sungai, pemerintah juga membangun taman seluar 40 hektar di sekitar sungai. Area ini menjadikan udara di sekitar kota menjadi lebih bersih dan meningkatnya biodiversitas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com