Kompas.com - 08/12/2021, 09:02 WIB
Monika Novena,
Gloria Setyvani Putri

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa pegunungan di Bumi terbentuk karena bantuan plankton, organisme kecil yang hidup di laut.

Ilmuwan dari Universitas Aberdeen dan Glasgow menyebut, tanpa bantuan plankton bisa saja permukaan planet kita akan lebih datar dan membosankan.

Tapi bagaimana plankton sebenarnya dapat membantu terbentuknya pegunungan di Bumi?

"Pegunungan terbentuk oleh lempengan batu yang menumpuk satu sama lain. Tetapi menumpuk pada skala itu tak mungkin karena gesekan antar bebatuan. Jadi sesuatu harus membantu batu-batu supaya menumpuk satu sama lain," kata John Parnell, penulis utama studi dari Universitas Aberdeen, seperti dikutip dari Guardian, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Mid Ocean Ridge, Pegunungan Terpanjang di Bawah Laut

Parnell dan rekan-rekannya pun mencari tahu sesuatu yang membantu pelumasan dalam proses pergeseran lempengan batu tersebut.

Rupanya, menurut peneliti sumber pelumasan itu berasal dari ledakan pertumbuhan plankton primitif sekitar dua miliar tahun yang lalu. Ini terjadi setelah perubahan iklim besar yang memengaruhi Bumi dan memiliki efek yang bertahan lama di permukaannya.

Plankton sendiri adalah organisme mikroskopis yang menjadi dasar rantai makanan laut dan sangat penting bagi kesehatan kehidupan laut.

Namun peran mereka ternyata lebih besar dari yang diperkirakan. Saat mereka mati, plankton-plankton ini dengan cepat akan tenggelam, terkubur dan menjadi sejumlah karbon yang kemudian diubah menjadi grafit oleh panas dan tekanan.

"Grafit menjadi pelumas yang hebat. Kunci, engsel, dan ritsleting semuanya bergerak lebih mudah dengan grafit, begitu juga dengan batu," ungkap Parnell.

Dan pada kasus ini, dua miliar tahun lalu, grafit melumasi tumpukan lempengan tektonik dan menyebabkan batu-baru saling bergesekan dan bertumpukan satu sama lain. Pada akhirnya tumpukan yang semakin tinggi itu membentuk pegunungan.

Temuan ini pun menunjukkan bahwa kehidupan di Bumi memengaruhi geologi planet kita.

"Bumi dan biosfernya terkait erat dengan cara yang sebelumnya tak dipahami," papar Parnell.

Ia menambahkan, meski banyak dari pegunungan terbentuk dua miliar tahun lalu, tetapi bukti pelumasan proses tektonik kuno masih bisa dilihat di barat laut Skotlandia.