Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 14:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Pernah melihat burung di daerah tropis dengan bulu berwarna-warni? Atau pernah melihat ikan cupang dengan warna-warna terang yang indah? Terdapat beberapa jenis hewan yang sangat menarik karena warnanya yang unik dan mudah diingat.

Fungsi warna terang pada hewan

Umumnya, hewan-newan memiliki warna yang membumi seperti hijau, coklat, dan hitam. Hewan ini mencoba mempertahankan diri dengan berkamuflase dengan warna-warna alam di sekitarnya, contohnya jaguar dan beruang kutub.

Berbeda dengan sebagian hewan dengan warna terang yang justru terlihat ingin terlihat oleh musuh. Namun, tidak seperti itu mekanismenya. Secara umum, terdapat dua macam fungsi warna terang pada hewan.

Alasan pertama adalah strategi aposematisme. Strategi ini membuat predator berpikir bahwa hewan tersebut justru tidak aman dikonsumsi. Warna terang adalah tanda bahwa hewan tersebut beracun. Contohnya adalah katak dan ular beracun.

Alasan kedua adalah untuk menarik lawan jenis. Contohnya burung merak jantan yang memiliki bulu indah dan berwarna-warni untuk menarik perhatian burung merak betina.

Hewan warna-warni

Berikut adalah beberapa hewan warna-warni indah yang ada di alam

1. Bunglon panther

Bunglon pantherflickr Bunglon panther

Bunglon panther adalah reptil paling warna-warni. Hewan ini merupakan hewan asli Madagaskar. Bunglon ini memiliki warna hijau terang dengan garis-garis merah yang bisa bervariasi hingga warna hijau dan biru. Perubahan warna ini adalah respon terhadap perasaan bunglon, seperti lapar, takut, atau mode istirahat.

Baca juga: 5 Hewan yang Tidak Memiliki Otak dan Cara Mereka Bertahan Hidup

2. Gouldian finch

Gouldian finchMartin Pot http://martybugs.net Gouldian finch

Burung kutilang ini adalah hewan yang berasal dari Australia dan memiliki bulu-bulu yang berwarna-warni. Burung kutilang jantan memiliki bulu berwarna ungu terang di bagian dada, hijau tua pada sayap, kuning di bagian bawah badannya, dan merah terang di bagian wajah.

3. Katak panah beracun

Ini merupakan salah satu hewan yang paling terang warnanya. Katak panah beracun hanya memiliki ukuran sekitar 5 sentimeter, namun sangat beracun. Racun yang dikeluarkan oleh katak ini bukanlah diproduksi sendiri, melainkan karena mereka selalu memakan serangga dan semut beracun.

Katak panah beracun memiliki beberapa variasi warna, seperti biru, emas, merah, dan hitam. Katak ini sangat berbahaya, terutama yang berwarna emas. Katak panah beracun emas punya racun yang cukup untuk membunuh 10 orang manusia dewasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com