Kompas.com - 31/10/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi pegunungan Himalaya dari markas Everest. pixabay.com/skeezeIlustrasi pegunungan Himalaya dari markas Everest.

KOMPAS.comPegunungan Himalaya terletak di benua Asia dan merupakan pegunungan tertinggi di dunia. Pegunungan Himalaya melewati lima wilayah negara Nepal, Bhutan, bagian timur laut India, bagian tenggara Tibet, bagian utara Myanmar.

Aspek geografis

Puncak

Sebanyak 9 dari 10 titik tertinggi di dunia berada di Pegunungan Himalaya, salah satunya adalah Gunung Everest. Gunung Everest adalah titik tertinggi di Bumi yang berada di ketinggian 8.849 meter di atas permukaan air laut.

Titik tertinggi lainnya antara lain Karakora, Kailash, Kachenjunga, Nanga Parbat, Annapurna, dan Manasklu. Selain itu, Pegunungan Himalaya memiliki lebih dari 110 puncak lainnya yang memiliki tinggi lebih dari 7.300 meter di atas permukaan air laut.

Luas wilayah

Pegunungan Himalaya terbentang sepanjang 2.500 kilometer tanpa terputus. Sedangkan untuk total luas areanya mencapai 595.000 kilometer persegi.

Sungai

Pegunungan Himalaya adalah sumber dari tiga sungai besar, yaitu sungai Yangtze, Indus, dan Ganga-Brahmaputra. Ketiganya adalah sungai terbesar yang ada di Asia.

Gletser

Pengunungan Himalaya adalah lokasi dengan es dan salju terbanyak ketiga di dunia setelah Antartika dan Artik. Terdapat gletser Himalaya Siachen yang merupakan gletser terbesar di luar kutub. Gletser ini terbentang sepanjang 72 kilometer.

Beberapa gletser besar yang berada di Pegunungan Himalaya antara lain Baltoro, Biafo, Nubra, dan Hispur.

Baca juga: Gletser Himalaya Longsor, Ilmuwan Telah Peringatkan

Binatang khas Pegunungan Himalaya

Terdapat beberapa binatang khas yang ada di Pegunungan Himalaya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gajah Asia
  • Snow leopard
  • Harimau Bengal
  • Badak besar bercula satu

Himalaya menghadapi berbagai tantangan untuk mempertahankan kehidupan ekosistem. Tantangannya tidak hanya pemanasan global, namun juga pasar ilegal yang menjual berbagai hewan langka dari Pegunungan Himalaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.