Kompas.com - 30/11/2021, 21:00 WIB
Kukang, hewan darat yang pandai berenang ShutterstockKukang, hewan darat yang pandai berenang

KOMPAS.comHewan darat adalah hewan yang menghabiskan hidupnya di darat. Air bagi hewan darat hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup saja, berbeda dengan amfibi yang memang hidup di darat dan air. Walaupun begitu, ada beberapa hewan darat yang pandai berenang. Inilah hewan darat yang pandai berenang.

Kukang

Kukang adalah hewan paling lambat di darat. Siapa sangka, justru ia adalah perenang yang handal. Bahkan kukang bisa berenang dengan kecepatan tiga kali lebih cepat dibandingkan ketika kukang di darat.

Harimau

Hewan darat yang pandai berenang berikutnya adalah harimau. Walaupun katanya kucing tidak suka air, berbeda dengan kucing besar ini. Harimau pandai berenang. Mereka biasa masuk ke dalam air untuk mengintai mangsanya atau hanya untuk sekadar mendinginkan badan.

Tidak hanya pandai berenang, harimau bisa berenang dengan sangat cepat. Harimau mampu berenang dengan kecepatan 28 kilometer per jam.

Baca juga: 7 Hewan dengan Masa Kehamilan Paling Lama, Nomor 1 Hingga 3,5 Tahun

Gajah

Gajah adalah penyelam alami. Gajah bisa saja berenang bahkan menyelam dan bernafas lewat belalainya seperti orang yang sedang melakukan snorkling. Gajah sering memasukkan badannya ke dalam air untuk mendinginkan badannya saat panas.

Kuda nil

Walaupun banyak menghabiskan harinya di dalam air, kuda nil bukanlah amfibi, melainkan hewan darat. Kuda nil memiliki kapasitas paru-paru yang mengagumkan. Kuda nil mampu menahan napas hingga 5 menit lamanya.

Babi

Babi adalah hewan darat yang pandai berenang. Walaupun memiliki kaki yang pendek, babi sebenarnya terbantu karena badannya yang penuh lemak. Lemak membuat babi mengambang secara alami di air seperti pelampung.

Itu dia 5 hewan darat yang pandai berenang. Apakah kamu pernah merlihat hewan-hewan ini berenang?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.