Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2021, 21:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comHewan darat adalah hewan yang menghabiskan hidupnya di darat. Air bagi hewan darat hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup saja, berbeda dengan amfibi yang memang hidup di darat dan air. Walaupun begitu, ada beberapa hewan darat yang pandai berenang. Inilah hewan darat yang pandai berenang.

Kukang

Kukang adalah hewan paling lambat di darat. Siapa sangka, justru ia adalah perenang yang handal. Bahkan kukang bisa berenang dengan kecepatan tiga kali lebih cepat dibandingkan ketika kukang di darat.

Harimau

Hewan darat yang pandai berenang berikutnya adalah harimau. Walaupun katanya kucing tidak suka air, berbeda dengan kucing besar ini. Harimau pandai berenang. Mereka biasa masuk ke dalam air untuk mengintai mangsanya atau hanya untuk sekadar mendinginkan badan.

Tidak hanya pandai berenang, harimau bisa berenang dengan sangat cepat. Harimau mampu berenang dengan kecepatan 28 kilometer per jam.

Baca juga: 7 Hewan dengan Masa Kehamilan Paling Lama, Nomor 1 Hingga 3,5 Tahun

Gajah

Gajah adalah penyelam alami. Gajah bisa saja berenang bahkan menyelam dan bernafas lewat belalainya seperti orang yang sedang melakukan snorkling. Gajah sering memasukkan badannya ke dalam air untuk mendinginkan badannya saat panas.

Kuda nil

Walaupun banyak menghabiskan harinya di dalam air, kuda nil bukanlah amfibi, melainkan hewan darat. Kuda nil memiliki kapasitas paru-paru yang mengagumkan. Kuda nil mampu menahan napas hingga 5 menit lamanya.

Babi

Babi adalah hewan darat yang pandai berenang. Walaupun memiliki kaki yang pendek, babi sebenarnya terbantu karena badannya yang penuh lemak. Lemak membuat babi mengambang secara alami di air seperti pelampung.

Itu dia 5 hewan darat yang pandai berenang. Apakah kamu pernah merlihat hewan-hewan ini berenang?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com