[POPULER SAINS] Negara Tanpa Sungai | Kata Sosiolog Soal Rusaknya Makam Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah

Kompas.com - 12/11/2021, 07:00 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Kamis (11/11/2021) hingga Jumat (12/11/2021) pagi. Mulai dari 17 negara tanpa sungai, kata sosiolog soal rusaknya makam Vanessa Angel dan suami, gerhana bulan sebagian terlama abad ini, hingga soal gangguan jiwa. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Kamis (11/11/2021) hingga Jumat (12/11/2021) pagi. Mulai dari 17 negara tanpa sungai, kata sosiolog soal rusaknya makam Vanessa Angel dan suami, gerhana bulan sebagian terlama abad ini, hingga soal gangguan jiwa.

KOMPAS.com - Ternyata ada 17 negara yang tidak dialiri sungai. Beberapa di antaranya kehilangan sungai karena kekeringan.

Nah, topik tentang negara mana saja yang tidak punya sungai dan dari mana mereka mendapatkan pasokan air menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Kamis (11/11/2021).

Berita populer selanjutnya adalah penilaian sosiolog soal rusaknya makam Vanessa Angel dan Biby Andriansyah yang diduga karena dikunjungi terlalu banyak peziarah. Menurut sosiolog, ini contoh nyata dari kematian empati dan pornografi musibah.

Berita tentang gerhana bulan sebagian terlama yang akan terjadi minggu depan hingga pertanyaan apakah kalau sering bicara dengan diri sendiri termasuk punya gangguan jiwa menjadi berita populer lainnya.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (11/11/2021) hingga Jumat (12/11/2021).

Negara tanpa sungai di dunia

Terdapat 17 negara tanpa sungai di dalam wilayahnya. Beberapa diantaranya kehilangan sungai karena kekeringan, seperti Sungai Tigris-Euphrates yang mengairi Suriah dan Irak.

Beberapa lainnya kehilangan suplai air bawah tanah sejak tahun 2018. Namun, ada juga negara yang dialiri sungai, namun hanya pada musim tertentu, sehingga tidak bisa dihitung memiliki sungai.

Negara terbesar tanpa sungai Negara terbesar yang tidak memiliki sungai adalah Arab Saudi dengan luas wilayah 2.149.690 kilometer persegi.

Hampir 95 persen wilayahnya merupakan padang pasir. Suhu tertinggi pada musim panas mencapai 45 derajat Celcius.

Beberapa bagian di negara ini bahkan tidak mengalami hujan sama sekali sepanjang tahun. Lalu darimana sumber air untuk warga Arab Saudi?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.