Hewan Moluska Raksasa Hidup di Lautan Bumi 80 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 11/11/2021, 20:45 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sekitar 80 juta tahun yang lalu, mahluk laut raksasa dengan lengan seperti tentakel dan cangkang melingkar berukuran hingga 2,5 meter hidup di Samudra Atlantik.

Mahluk laut ini adalah amon terbesar di dunia, hewan moluska laut dari kelas Cephalopoda yang sudah punah sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Pada periode akhir Kapur ini, ukuran moluska laut mencapai puncaknya. Namun mengapa itu bisa terjadi?

Sekarang setelah mempelajari sisa-sisa fosil 154 amon dalam berbagai ukuran, tim internasional yang dipimpin oleh ahli paleontologi Christina Ifrim dari Universitas Heidelberg di Jerman memiliki jawabannya.

Baca juga: Mengenal Gajah Laut, Hewan Laut yang Punya Belalai

Mengutip Science Alert, Kamis (11/11/2021) peneliti menyebut jika ukuran besar amon merupakan cara untuk menghindari dimakan oleh hewan laut lainnya, yakni mosasaurus air yang menakutkan.

Predasi adalah pendorong utama tekanan evolusioner. Tapi memang ada yang lain misalnya penyakit, iklim, dan ketersediaan pangan juga dapat memainkan peran penting.

Sifat-sifat yang paling cocok untuk bertahan dari tekanan itu lah yang kemudian diwariskan kepada keturunan yang berikutnya. Dalam kasus amon, tentu saja ukurannya yang luar biasa besar.

Dalam studi ini peneliti mempelajari semua spesimen amon, beberapa di antaranya adalah Parapuzosia leptophylla dan Parapuzosia seppenradensis.

Selain menyimpulkan mengenai mengapa mereka bisa berukuran besar, peneliti juga menemukan beberapa hal menarik lainnya.

Mengutip Live Science, peneliti mengungkap jika kedua spesimen amon tersebut mengikuti siklus pertumbuhan lima tahap yang berbeda, di mana cangkang mereka tumbuh dengan mantap dan morfologinya berubah.