Letusan Bawah Laut Terbesar di Dunia Ciptakan Gunung Berapi Raksasa

Kompas.com - 25/10/2021, 12:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Studi terbaru yang diterbitkan pada 26 Agustus 2021 di Journal Nature Geoscience menemukan, letusan bawah laut aktif terbesar yang pernah tercatat pada 2018 lalu melahirkan 'bayi' berupa gunung berapi bawah laut raksasa seukuran gedung pencakar langit.

Melansir Live Science, Rabu (20/10/2021) para ilmuwan menemukan gunung berapi setinggi 820 meter di Samudra Hindia bagian barat, di lepas pantai Madagaskar. Ini juga seakan menjadi jawaban dari serentetan gempa di wilayah yang biasanya tenang secara seismik.

Setelah mengumpulkan data geologi, termasuk informasi survei bawah laut tahun 2019 di wilayah tersebut, tim peneliti menyadari bahwa ada gunung berapi baru di bawah laut ini sekitar 1,5 kali lebih tinggi dari gedung One World Trade Center di New York.