Kompas.com - 18/10/2021, 11:02 WIB
Tim Thomas Cup Indonesia saat penyerahan Piala Thomas 2020. Indonesia mengalahkan China dengan skor 3-0 dalam final Thomas Cup 2020. Namun, selebrasi kemenangan tanpa kibaran bendera Merah Putih yang digantikan bendera logo PBSI karena Indonesia mendapatkan sanksi dari WADA. PBSI/@badminton.inaTim Thomas Cup Indonesia saat penyerahan Piala Thomas 2020. Indonesia mengalahkan China dengan skor 3-0 dalam final Thomas Cup 2020. Namun, selebrasi kemenangan tanpa kibaran bendera Merah Putih yang digantikan bendera logo PBSI karena Indonesia mendapatkan sanksi dari WADA.

KOMPAS.com - Badan Antidoping Dunia (WADA) menjatuhkan sanksi kepada Indonesia karena dinilai tidak mematuhi program test doping plan (TDP).

Buntut dari permasalahan ini, tim bulu tangkis putra Indonesia tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di podium Piala Thomas 2020.

Selain Indonesia, WADA juga menjatuhkan hukuman untuk Thailand dan Korea Utara.

Thailand yang meraih medali perunggu Piala Uber 2020 juga memakai bendera Asosiasi Bulu Tangkis Thailand.

"Iya (pakai bendera PBSI) seperti Thailand kemarin," kata Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PBSI Bambang Roedyanto saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/10/2021) sore WIB.

Kendati demikian, Bambang mengatakan bahwa lagu kebangsaan Indonesia Raya masih bisa dikumandangkan.

Baca juga: Isu Doping Atlet Pesaing Windy Cantika Aisah, Apa Itu Doping dan Risikonya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, apa itu doping?

Dikutip dari American College of Medical Toxicology, istilah doping mengacu pada penggunaan obat-obatan atau zat terlarang oleh atlet untuk meningkatkan performa atau kinerja atletik.

Penggunaan doping sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu ketika olahraga ditemukan.

Di masa itu, orang yang terpilih menjadi atlet diberi makanan diet khusus dan tanaman tertentu yang diyakini mampu meningkatkan kekuatan fisik dan performa.

Pada tahun 1904, doping pertama kali dicatat di Olimpiade. Kala itu, ada atlet pelari yang disuntik strychnine untuk membantu kecepatan lari dan konon memberinya kekuatan untuk menyelesaikan balapan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.