Kompas.com - 17/10/2021, 22:08 WIB
Phyllobates terribilis, penghasil Batrachotoxin, zat paling berbahaya di dunia ShutterstockPhyllobates terribilis, penghasil Batrachotoxin, zat paling berbahaya di dunia

KOMPAS.com - Terdapat banyak sekali zat kimia yang ada di alam. Sebagian besar aman bahkan bermanfaat untuk manusia. Namun, ada beberapa zat paling berbahaya di dunia. Bahkan zat-zat ini bisa menyebabkan kematian.

Zat paling berbahaya di dunia

1. Botulinum toxin

Botulinum toxin adalah zat kimiawi yang diproduksi secara alami oleh bakteri Clostridium botulinum. Botulinum toxin merupakan zat paling berbahaya yang ada di Bumi.

Saking berbahayanya, hanya dengan dosis 1 nanogram per kilogram berat badan, zat ini bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Botulinum toxin menyebabkan otot-otot mengalami paralisis dengan cara mencegah produksi molekul untuk neruotransmitter, yaitu asetilkolin.

Efek ini dimanfaatkan dalam prosedur kosmetik, yaitu botoks. Botoks memasukan toksin ini dalam jumlah yang sangat kecil untuk merelaksasi otot agar tidak terjadi kerutan pada wajah.

2. Batrachotoxin

Batrachotoxin adalah racun yang biasa digunakan oleh Suku Indian di Amerika Selatan untuk berburu hewan di hutan. Biasanya racun ini dioleskan diujung panah yang digunakan saat membidik mangsa.

Racun batrachotoxin berasal dari katak yang bisa ditemukan di Colombia Barat. Nama kataknya adalah Phyllobates terribilis dan Phyllobates bicolor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya dengan dosis 2 mikrogram per kilogram, batrachotoxin bisa menyebabkan kematian pada seseorang. Batrachotoxin menyebabkan kematian dengan mengintervensi migrasi ion garam berlebih sehingga menyebabkan gagal jantung.

Baca juga: Molekul dalam Racun Ular Ini Dapat Jadi Kunci Pengobatan Covid-19

3. Klorin triflouride

Klorin triflouride adalah zat kimia yang sangat korosif, bahkan pada kaca. Zat ini biasa digunakan sebagai bahan bakar roket dan hanya bisa disimpan dalam kontainer yang terbuat dari logam flourine. Jika zat ini bertemu dengan air, akan menyebabkan ledakan yang luar biasa.

4. VX

VX adalah singkatan dari Venomous Agent X. ini merupakan zat kimia sintetis yang dibuat oleh militer Inggris dan digunakan sebagai senjata. Molekul yang paling banyak terkandung di dalamnya adalah tiofosfonat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.