Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2021, 21:18 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comAnestesi adalah prosedur medis yang mencegah Anda merasakan rasa sakit ketika prosedur perawatan atau operasi. Terdapat empat jenis anestesi yang berbeda tujuan dan kegunaannya.

Jenis anestesi

Dilansir dari American Society of Anesthesiologists, berikut adalah jenis anestesi dan kegunaannya.

1. Anestesi lokal

Anestesi lokal adalah anestesi yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit pada area kecil di tubuh. Pada penggunaan anestesi ini, pasien tetap sadar selama prosedur. Anda mungkin tetap merasakan apa yang terjadi pada bagian tubuh Anda, namun tanpa rasa sakit.

Anestesi lokal digunakan untuk biopsi jaringan lunak, mencabut gigi, dan prosedur menjahit luka yang terbuka.

2. Anestesi umum

Anestesi umum adalah anestesi yang diberikan melalui jalur intravena atau dengan jalur infus. Pada prosedur ini, pasien akan kehilangan kesadarannya dan tidak akan merasakan apapun.

Selama anestesi umum, dokter anestesi akan memantau tanda-tanda vital seperti tekanan darah dan denyut jantung untuk memastikan Anda dalam kondisi stabil selama kehilangan kesadaran.

Anestesi umum digunakan dalam operasi besar, contohnya operasi jantung, operasi kanker. Setelah anestesi umum selesai, Anda perlu proses pemulihan hingga 1 sampai 2 hari sampai obat anestesi benar-benar habis.

Baca juga: Cegah Komplikasi, Ini yang Diperhatikan Dokter Anestesi di Ruang Operasi

3. Sedasi

Sedasi adalah prosedur anestesi yang akan membantu pasien lebih nyaman dalam prosedur perawatan. Ini digunakan pada kasus yang cukup menggunakan anestesi lokal namun membutuhkan pasien lebih tenang dan rileks.

Pada prosedur ini, pasien akan merasa lebih tenang namun masih bisa merespons jika ditanya. Contoh penggunaan sedasi adalah prosedur pemeriksaan kolon.

4. Anestesi regional

Anestesi regional adalah anestesi yang digunakan untuk memblok sebagian tubuh. Penggunaan anestesi regional yang paling umum adalah epidural untuk prosedur operasi caesar. Pada proses ini, sebagian tubuh merasa hilang rasa sama sekali, namun tetap sadar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com