Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Pacitan M 4,8 Mengguncang hingga Yogyakarta, Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 13/10/2021, 14:07 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.00.47 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan gempa Pacitan ini berkekuatan M 4,8.

Selain di Pacitan, guncangan gempa terkini juga dirasakan di Trenggalek, Gunungkidul, Bantul hingga Yogyakarta.

Kekuatan gempa bumi di Gunungkidul mencapai skala III MMI (Modified Mercalli Intensity) dengan getaran nyata yang dirasakan di dalam rumah, seperti getaran akibat truk yang berlalu.

Sedangkan, di daerah Yogyakarta, kekuatan gempa mencapai skala II MMI dengan dampak getaran yang dirasakan oleh beberapa orang hingga menyebabkan benda-benda ringan yang digantung menjadi bergoyang.

Baca juga: Gempa Pacitan Tadi Malam Dekat dengan Sumber Gempa Besar 1937

 

Kepala Stageof BMKG Sleman Ikhsan, mengatakan bahwa episenter gempa terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, tepatnya berada di laut dengan jarak 78 km ke arah Barat Daya Pacitan, pada kedalaman 55 km.

Dengan melihat episenter, serta kedalaman hiposenter gempa Pacitan, fenomena ini termasuk gempa dangkal akibat subduksi Lempeng Indo-Australia yang menghunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, di selatan Pulau Jawa.

Baca juga: Gempa Hari Ini: 2 Lindu M 5,0 Guncang Gunungkidul dan Pacitan

 

Hingga hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.40 WIB, tercatat tidak terdapat gempa susulan. Masyarakat juga diimbau agar tetap tenang.

Selain itu, masyarakat harap agar tidak terpengaruh oleh hoaks atau isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk informasi terkait gempa terkini masyarakat bisa mengaksesnya melalui kanal info BMKG.

Selanjutnya, masyarakat kembali diberikan imbauan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

Harap untuk memeriksa dan memastikan bahwa bangunan tempat tinggal saat ini cukup tahan akan gempa atau tidak ditemukan kerusakan akibat gempa Yogyakarta yang membahayakan.

Baca juga: Yogyakarta Diguncang Gempa Bumi M 5,3, Bukan Gempa Megathrust

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com