Kompas.com - 05/10/2021, 18:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Kita sering mendengar tentang HIV/AIDS. Apa perbedaan HIV dan AIDS?

Perbedaan HIV dan AIDS

HIV adalah singkatan dari human immunodeficiency virus. HIV adalah virus yang menyebabkan penyakit yang menyerang imun tubuh sehingga tubuh menjadi rentan terhadap penyakit lainnya.

AIDS adalah singkatan dari acquired immunodeficiency syndrome. AIDS adalah sekumpulan gejala atau penyakit yang muncul akibat dari tahap lanjut infeksi HIV. Orang dengan AIDS jika tidak segera ditangani bisa berpotensi mengancam jiwa.

Penyakit HIV

HIV pertama kali ditemukan sekitar tahun 1980-an di New York dan Los Angeles. Dilaporkan terdapat penyakit pada lelaki gay yang jarang ditemukan pada orang dewasa lainnya.

HIV adalah retrovirus, yaitu sekelompok kecil virus yang menggunakan RNA sebagai tempat materi genetiknya. Ketika HIV memasuki tubuh seseorang, virus ini membuat RNA yang tadinya rantai tunggal menjadi DNA berantai ganda.

Jika DNA HIV tersebut memasuki nukleus sel pada tubuh inang, maka sel tersebut akan menjadi ‘pabrik tempat produksi HIV’.

HIV secara spesifik menyerang sel darah putih limfosit-T bernama CD4. Sel CD4 berfungsi sebagai sel pembantu untuk mengaktifkan dan mengordinasikan respons imun.

Semakin banyak sel CD4 yang diserang oleh HIV, maka tubuh akan kehilangan kemampuannya untuk mengaktifkan imun ketika ada patogen yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu akibat yang akan dirasakan oleh penderita penyakit HIV adalah menjadi lebih rentan terkena penyakit.