Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2021, 20:01 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bintang merupakan benda langit yang berkelip-kelip di malam hari. Secara umum, bentuk bintang banyak digambarkan dengan bentuk segilima runcing. Namun, sebenarnya seperti apa bentuk bintang?

Dilansir dari ABC, Jumat (1/10/2021), bintang pada kenyataannya tidak berbentuk runcing atau memiliki 4 sampai 5 titik, seperti gambar bintang yang umum kita lihat.

Kita menginterpretasikan bintang dengan bentuk runcing karena lensa dalam bola mata memiliki ketidaksempurnaan yang disebut garis jahitan.

Pada anatominya, lensa melakukan sepertiga pembelokan cahaya yang masuk ke mata agar sampai dengan tepat di retina - dua pertiga sisa cahaya lain telah dibelokan oleh kornea.

Lensa terlihat seperti bola pipis asimetris berdiameter sekitar 10 mm dan panjang dari depan ke belakang sekitar 4 mm. Bagian terluas lensa disebut dengan ekuator.

Baca juga: Apa Itu Bintang dan Bagaimana Benda Langit Ini Terbentuk?

 

Bagian mata ini yang kemudian akan menangkap bentuk pantulan cahaya bintang, hingga mengintrepretasikan bentuk bintang sebagai segilima runcing.

Bagian mata ini hampir sepenuhnya transparan dan memiliki tiga bagian utama.

Pertama adalah kapsul lensa yang berfungsi untuk membungkus dan menyatukan lensa. Ketebalannya bervariasi, antara 2 dan 28 mikron.

Kedua adalah epitel lensa yang merupakan lapisan tipis sel kuboid sederhana dan terletak di bagian depan lensa. Bagian kedua ini mengatur volume serta rasa asin lensa.

Sedangkan bagian ketiga adalah serat lensa yang membentuk sebagian besar lensa. Terdiri dari sel transparan dengan panjang hingga 12 mm dan diameter antara 3 sampai 10 mikron.

Serat-serat lensa tersebut akan bertemu dan menyatu pada garis jahitan. Terdapat dua garis jahitan dengan bentuk Y biasa di bagian depan dan Y terbalik di bagian belakang.

Lantas, bagaimana bentuk bintang yang tertangkap berbentuk segilima?

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Bagaimana Cara Bintang Mati?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com