Kompas.com - 23/09/2021, 21:02 WIB
Tanaman cocor bebek. Wikimedia CommonsTanaman cocor bebek.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Tanaman cocor bebek (Kalanchoe pinnata) adalah tanaman dari genus Kalanchoe yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Cocor bebek memiliki bentuk yang sangat khas. Tumbuhan ini mempunyai daun yang tebal, mengandung banyak air, berwarna hijau muda, serta batangnya lunak dan beruas.

Cocor bebek umum ditemukan di wilayah-wilayah dengan iklim tropis, seperti Indonesia, Hawaii, India, dan sebagainya.

Tanaman cocor bebek merupakan tanaman yang mudah dirawat sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias.

Dilansir dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Barat, tanaman cocor bebek yang mudah ditemui adalah cocor bebek mini, cocor bebek besar, dan cocor bebek berbunga.

Baca juga: Macam-macam Gerak Esionom pada Tumbuhan

Tumbuhan cocor bebek berkembang biak dengan tunas daun. Tumbuhan cocor bebek akan menumbuhkan tunasnya pada bagian tepi daun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara berkembang biak cocor bebek disebut tunas adventif, yakni perkembangbiakan tumbuhan dengan menumbuhkan tunas liar di luar bagian batang.

Tunas adventif termasuk perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif alami, yang merupakan salah satu cara tumbuhan berkembang biak dengan tidak kawin dan terjadi dengan sendirinya.

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), selain melalui tunas daun, ada banyak cara tumbuhan untuk berkembang biak dengan vegetatif alami.

Baca juga: Struktur dan Fungsi Daun pada Tumbuhan

Contoh perkembangbiakan lain secara vegetatif alami adalah akar tinggal (Rhizoma), spora, umbi lapis, umbi akar, umbi batang, geragih, tunas, dan tunas adventif.

Selain cocor bebek, tumbuhan yang juga berkembang biak secara vegetatif alami adalah lengkuas, jahe, temulawak, bawang, kentang, ubi jalar, singkong, wortel, bunga dahlia, bengkoang, stroberi, rumput teki, pohon pisang, pohon bambu, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.