Kompas.com - 11/08/2021, 16:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang dianggap sangat sehat karena sarat akan nutrisi dan antioksidan.

Mengonsumsi bayam dapat bermanfaat bagi kesehatan mata, menurunkan stres oksidatif, mengurangi tekanan darah, dan lain-lain.

Dilansir dari Healthline, bayam mentah sebanyak 100 gram mengandung 23 kalori, 91 persen air, 2,9 gram protein, 3,6 karbohidrat, 0,4 gram gula, 2,2 gram serat, dan 0,4 gram lemak.

Karbohidrat

Karbohidrat dalam bayam sebagian besarnya adalah serat yang sangat sehat. Bayam juga mengandung sejumlah kecil gula yang sebagian besarnya adalah glukosa dan fruktosa.

Serat

Bayam kaya akan serat tidak larut yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan khususnya bagi sistem pencernaan. Ini dapat membantu mencegah sembelit.

Baca juga: 6 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Menyehatkan Kulit hingga Cegah Kanker

Vitamin dan mineral

Bayam merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, temasuk vitamin A, vitamin C, vitamin K1, vitamin B9 atau folat, zat besi, kalsium, potasium, magnesium, vitamin B6 dan vitamin E.

1. Vitamin A: Bayam kaya akan karotenoid yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.