Kompas.com - 24/07/2021, 12:03 WIB
Ilustrasi terinfeksi mukormikosis atau yang biasa disebut infeksi jamur hitam. SHUTTERSTOCK/Kateryna KonIlustrasi terinfeksi mukormikosis atau yang biasa disebut infeksi jamur hitam.


KOMPAS.com - India tidak hanya dilanda lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi pada Mei lalu, bahkan hingga kini wabah jamur hitam mukormikosis yang berbahaya dan mematikan dilaporkan catat rekor kematian tertinggi.

Diberitakan BBC, Kamis (22/7/2021), lebih dari 4.300 orang meninggal karena infeksi jamur hitam, mucormycosis yang mematikan di India.

Pemerintah setempat melaporkan melalui Menteri Kesehatan Mansukh Mandaviya, sedikitnya ada 45.374 kasus infeksi langka dan berbahaya ini.

Wabah jamur hitam mukormikosis ini pun tidak hanya memengaruhi kesehatan masyarakat India secara umum, tetapi juga pasien Covid-19.

Infeksi jamur hitam ini memengaruhi hidung, mata dan otak, bahkan biasanya menyerang 12-18 hari setelah pasien Covid-19 pulih dari penyakitnya.

Baca juga: Pasien Covid-19 di Afghanistan Ditemukan Alami Mukormikosis, Infeksi Jamur Hitam

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dokter mengatakan bahwa jamur hitam mukormikosis yang berbahaya ini terkait dengan penggunaan steroid yang digunakan dalam pengobatan Covid-19, menempatkan penderita diabetes pada risiko tertentu.

Obat steroid dalam perawatan pasien Covid-19, digunakan untuk mengurangi peradangan di paru-paru.

Bahkan, tampaknya obat ini dapat membantu menghentikan beberapa kerusakan yang dapat terjadi saat sistem kekebalan tubuh bekerja berlebihan dalam melawan virus corona, yang dalam hal ini bisa menyebabkan badai sitokin.

Perawatan infeksi jamur hitam

Lantas, bagaimana perawatan yang dilakukan terhadap pasien yang terinfeksi jamur hitam mukormikosis yang berbahaya dan mematikan ini?

Baca juga: Gejala dan Bahaya Infeksi Jamur Hitam Mukormikosis pada Pasien Covid-19

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.