Kompas.com - 21/06/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi memakai masker dobel, masker ganda untuk cegah Covid-19 SHUTTERSTOCK/Bekker24Ilustrasi memakai masker dobel, masker ganda untuk cegah Covid-19
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, setiap orang diharuskan menaati protokol kesehatan, termasuk memakai masker.

Ada beberapa jenis masker yang umum dipakai, yakni masker kain, masker bedah, dan masker KN95.

Saat kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak, sejumlah pihak menyarankan untuk memakai masker dobel, yakni memakai dua masker, bukan hanya satu.

Lantas, apakah pemakaian masker dobel lebih efektif mencegah Covid-19? Berikut penjelasannya menurut pendidik keperawatan Deborah Weatherspoon, Ph.D., RN, CRNA, dilansir dari Healthline, 4 Maret 2021.

Menutup wajah dengan sempurna

Banyak jenis masker yang saat dipakai masih meninggalkan celah. Melalui celah tersebut, udara masih bisa keluar dan masuk.

Baca juga: Studi: Pentingnya Ventilasi dan Memakai Masker saat Sekolah Tatap Muka

Pemakaian masker yang tidak menutup wajah dengan sempurna memungkinkan adanya tetesan pernapasan yang mengandung virus keluar atau masuk ke dalam masker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan memakai masker dobel, risiko ini dapat dicegah. Masker kedua yang dipakai di luar akan lebih menekan masker di dalamnya sehingga setiap celahnya bisa ditutupi.

Peningkatan filtrasi

Virus penyebab Covid-19 dapat menyebar melalui tetesan pernapasan ketika seseorang berbicara, batuk, dan bersin.

Lapisan masker dobel membantu meningkatkan daya filtrasi. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pun merekomendasikan pemakaian dua atau tiga lapis masker.

Menambahkan masker kedua akan meningkatkan daya saring sehingga lebih efektif mencegah penularan virus melalui mulut.

Baca juga: Studi Ini Tunjukkan 2 Jenis Kain Terbaik untuk Bahan Masker Universal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X