Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Baru CDC Cegah Covid-19, Pakai Masker yang Pas atau Dobel

Kompas.com - 17/02/2021, 18:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengeluarkan panduan terbaru tentang pemakaian masker untuk mencegah penularan virus corona.

Menurut laporan CDC dan panduan terbaru di situsnya, ada dua metode yang secara substansial dapat meningkatkan perlindungan dari virus.

Pertama memakai masker ganda atau dobel. Maksudnya adalah menggunakan masker kain di atas masker bedah sekali pakai.

Kedua, meningkatkan kesesuaian masker dengan wajah. Caranya dengan membuat simpul tali masker di dekat wajah, baru dimasukkan ke telinga untuk mencegah udara bocor di sekitar tepi masker.

Baca juga: Apakah di Luar Ruangan Juga Perlu Memakai Masker?

Seperti dilansir Washington Post, Kamis (11/2/2021), kedua metode tersebut dapat mengurangi paparan aerosol yang berpotensi menular hingga lebih dari 95 persen dalam percobaan menggunakan boneka di laboratorium.

"Kami tahu menggunakan masker biasa dapat berfungsi mencegah penularan Covid-19. Tapi seiring beredarnya varian yang lebih menular, kita juga perlu meningkatkan kesesuaian masker agar bekerja lebih baik," kata John T. Brooks, petugas medis untuk tanggapan Covid-19 dari CDC.

Brooks dan pakar kesehatan masyarakat lainnya mengatakan bahwa kunci utama dari pedoman baru CDC adalah penggunaan masker yang meningkatkan penyaringan, atau memblokir partikel kecil.

"Penggunaan masker dobel adalah salah satu cara memblokir partikel kecil," kata Brooks.

Kendati demikian dia mencatat bahwa pemakaian masker ganda bukan berarti perlindungan ganda.

“Ini mungkin bukan solusi yang tepat untuk semua orang,” tambahnya.

Bagi sebagian orang, memakai dua masker dapat menghalangi pernapasan atau menghalangi penglihatan tepi yang dapat menyebabkan terjatuh dan mengakibatkan cedera.

"Masker bedah juga dapat disesuaikan agar lebih sesuai dengan kontur wajah," kata Brooks.

Masker tiga lapis, yang mungkin memiliki lipatan rata atau berbentuk kerucut, tidak dirancang untuk melindungi dari infeksi virus dan bakteri, tetapi untuk mencegah kontaminasi pada tempat bedah yang steril dan untuk mencegah darah dan cairan lain memercik ke mulut dan hidung pemakainya.

Ilustrasi masker medisSHUTTERSTOCK/eakkachai halang Ilustrasi masker medis

Mengikat masker prosedur medis di mana loop menempel di telinga membantu masker lebih dekat ke wajah Anda, tetapi juga sedikit mengurangi ukuran masker, katanya.

"Orang dengan wajah besar mungkin kesulitan mendapatkan masker untuk menutupi hidung dan mulut mereka sepenuhnya saat membuat simpul masker. Jadi, Anda harus mencari teknik yang efektif," kata Brooks.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com