Kompas.com - 21/06/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi cengkeh SHUTTERSTOCK/SETYO ADHI PAMUNGKASIlustrasi cengkeh

KOMPAS.com - Cengkih merupakan salah satu rempah asli Indonesia. Rempah ini memiliki nama Latin Syzygium aromaticum.

Cengkih banyak digunakan menjadi bahan herbal untuk makanan, obat-obatan, campuran di rokok kretek, dan yang paling modern adalah mengambil sarinya dengan membuat minyak atsiri.

Minyak atsiri cengkih memiliki berbagai variasi warna, mulai dari bening hingga berwarna kekuningan. Minyak ini memiliki wangi hangat dan kuat yang khas dan menjadi daya tarik utamanya.

Cengkih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain, cengkih  juga memiliki efek yang baik sebagai antimikroba. Mungkinkah menggunakan minyak cengkih sebagai obat sehari-hari?

Baca juga: 7 Manfaat Cengkeh, Obat Sakit Gigi Hingga Mengobati Kanker

Spray disinfektan

Minyak cengkih mengandung senyawa eugenol yang terbukti memiliki efek yang baik sebagai antibakteri dan antijamur. Oleh karena itu, rempah ini bisa digunakan untuk disinfektan sehari-hari.

Untuk membuat larutan minyak cengkih sebagai disinfektan, rekomendasi perbandingan yang dianjurkan oleh National Association for Holistic Aromatherapy adalah 10 sampai 15 tetes minyak cengkih dicampur ke dalam 30 mililiter air ke dalam botol spray.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kocok botol setiap sebelum menggunakannya. Anda bisa menggunakan larutan ini sebagai disinfektan meja dapur setelah menyiapkan bahan makanan, atau permukaan lainnya di rumah Anda.

Obat oles untuk kulit yang gatal

Gatal para kulit bisa disebabkan bakteri, jamur, atau karena reaksi alergi. Selain memiliki efek antibakteri dan antijamur, rempah beraroma kuat satu ini juga memiliki efek antiinflamasi sehingga bisa meredakan kondisi gatal akibat alergi yang sedang meradang.

Cara menggunakan minyak atsiri ini untuk meredakan kulit yang gatal ada dua, dengan membuat minyak oles atau dengan menggunakan krim.

Untuk minyak oles, Anda hanya perlu mencampur 10 sampai 15 tetes minyak cengkih ke dalam minyak pelarut apapun yang Anda punya. Misalnya, minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X