Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Hiu Karang Berselancar di Siang Hari Akhirnya Terkuak, Studi Jelaskan

Kompas.com - 15/06/2021, 18:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com- Ilmuwan kini mengetahui rahasia dibalik hiu karang berselancar santai di lautan pada siang hari. Hiu karang adalah salah satu peselancar tercantik di lautan.  

Dalam sebuah studi terungkap bagaimana predator ini memanfaatkan arus laut untuk berselancar.

Menurut studi yang dipimpin ilmuwan kelautan Florida International University (FIU), Yannis Papastamatiou, hiu berselancar untuk menghemat energi.

Tim peneliti internasional ini menemukan ratusan hiu karang abu-abu di terusan Atol Fakarava bagian selatan, di Polinesia, Perancis sedang berselancar di lereng dengan cara mengambang di atas arus yang naik.

Dilansir dari Phys, Selasa (15/6/2021), selama perjalanan menyelam, Papastamatiou mengamati hiu karang berenang melawan arus laut tetapi hampir tidak menggerakkan ekornya.

Baca juga: Survei Ini Ungkap Hiu Karang Punah Secara Fungsional di Lautan Bumi, Kok Bisa?

 

"Pada siang hari, mereka cukup tenang dan santai, berenang dengan sedikit usaha. Ini menarik karena arusnya cukup kuat," kata Papastamatiou.

Saat seekor hiu mencapai ujung garis, itu memungkinkan arus untuk membawanya kembali ke titik awal. Hiu berikutnya dalam barisan melakukan hal yang sama, dan urutan itu terus berlangsung.

Dalam studi ini tim menggunakan kombinasi tag pelacak akustik, kamera bawaan hewan, dan pengamatan bawah air untuk memantau perilaku hiu di lautan.

Peneliti kemudian mampu menghitung penggunaan energi dari mereka yang tinggal di saluran berselancar dan mereka yang meninggalkan saluran.

Sambil menyelam dan mengamati hiu-hiu karang ini, mereka mengatakan bahwa dengan berselancar, hiu mengurangi energi mereka setidaknya hingga 15 persen.

Baca juga: Hiu Aneh Bersayap Jelajahi Lautan 93 Juta Tahun yang Lalu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com