Kompas.com - 15/06/2021, 13:31 WIB
Ilustrasi varian virus corona Delta. Varian ini pertama kali diidentifikasi di India, sebelumnya dinamai B.1.617.2 Shutterstock/angellodecoIlustrasi varian virus corona Delta. Varian ini pertama kali diidentifikasi di India, sebelumnya dinamai B.1.617.2


KOMPAS.com - Varian Delta adalah varian virus corona dari India, dan berdasarkan penelusuran genom, varian ini telah menyebar di Kudus, Jawa Tengah. Ahli menyebutnya super strain karena memiliki beberapa kriteria, di antaranya memengaruhi sistem kekebalan.

Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman, mengatakan, varian Delta memuat tiga kriteria untuk disebut sebagai Super Strain.

Pertama, kata Dicky, varian Delta lebih menular jika dibandingkan varian B.1.1.7 atau varian Alpha yang berasal dari Inggris.

"Lebih cepat menular, dibandingkan varian Alpha bisa lebih dari 50 persen hingga 70 persen," ungkap Dicky kepada Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Selain itu, virus corona varian Delta ini dapat menyebabkan lebih banyak orang dirawat di rumah sakit, membuat angka kesakitan meningkat, dan menyebabkan keparahan penyakit, bisa 2,5 kali dari varian Alpha.

Baca juga: Varian Virus Corona Delta Menggandakan Risiko Rawat Inap, Ini Risetnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Ciri lainnya, kata Dicky, virus varian Delta diketahui dapat menyiasati atau memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

"Tidak hanya pada orang yang sudah divaksin, tetapi penyintas Covid-19 yang sudah sembuh juga bisa terinfeksi lagi," jelas Dicky.

Varian Delta memengaruhi sistem imun

Varian B.1.617.2 di India telah membuat negara tersebut dihantam tsunami Covid-19.

Akibat penyebaran varian Covid-19 tersebut, India mencatatkan rekor infeksi harian hingga lebih dari 4.000 kasus, dengan angka kematian yang sangat tinggi.

Tak hanya melumpuhkan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan, tetapi juga membuat fasilitas krematorium di negara tersebut kewalahan menerima jenazah pasien Covid-19.

Varian Delta di Indonesia diketahui telah menyebar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di daerah ini.

Baca juga: 10 Nama Baru Varian Virus Corona, dari Alpha, Delta hingga Gamma

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X