Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Terus Bermutasi, Apakah Akan Muncul Varian Mahakuat?

Kompas.com - 15/06/2021, 13:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Jelas bahwa saat ini kita berurusan dengan virus corona yang lebih mudah menyebar - mungkin dua kali lebih cepat - dari versi yang muncul di Wuhan pada akhir 2019.

Varian Alphaa, pertama kali teridentifikasi di Kent, Inggris, menunjukkan lompatan jauh dalam kemampuannya untuk menular. Sekarang varian Delta, pertama kali ditemukan di India, melompat lebih jauh lagi.

Ini berarti evolusi sedang terjadi.

Jadi apakah kita akan terus mendapatkan varian-varian baru yang semakin sulit diatasi? Ataukah ada batasan pada seberapa ganas virus corona bisa bermutasi?

Baca juga: Indonesia Berpotensi Hadapi Dobel Puncak Kasus Covid-19, Ini Penyebabnya

Penting untuk mengingat perjalanan virus ini.

Ia telah melompat dari spesies yang sama sekali berbeda - kerabat dekatnya ada pada kelelawar - ke manusia. Ibaratnya Anda memulai pekerjaan baru: Anda kompeten, tetapi belum matang.

Varian pertama virus corona sudah cukup mampu untuk memulai pandemi, namun sekarang ia belajar sambil bekerja.

"Ketika virus melompat ke manusia, sangat jarang mereka sudah dalam keadaan sempurna," kata Profesor Wendy Barclay, virolog dari Imperial College London.

"Mereka menetap dahulu, dan setelah itu berkembang."

Ada contoh beberapa virus, ujarnya, dari pandemi flu sampai Ebola, yang melompat ke manusia kemudian menyebar dengan cepat.

Jadi seberapa jauh virus corona bisa berevolusi?

Cara termudah untuk membandingkan kemampuan penyebaran virus secara biologis ialah dengan angka reproduksi atau R.

Angka itu adalah jumlah rata-rata orang yang ditulari seseorang yang terinfeksi virus jika tidak ada dari orang-orang tersebut yang kebal dan melakukan langkah-langkah pencegahan infeksi.

Contohnya, angka R 1 berarti satu orang yang terinfeksi menularkan virusnya ke rata-rata satu orang lainnya.

Angka R virus corona sekitar 2,5 ketika pandemi dimulai di Wuhan dan bisa sampai 8,0 untuk varian Delta, menurut para pakar pemodelan di Imperial College.

Perbandingan angka R berbagai varian Covid-19 dan penyakit lain. Semakin tinggi angka R, semakin mudah menular.Imperial College, Lancet, pemerintah Australia via BBC Indonesia Perbandingan angka R berbagai varian Covid-19 dan penyakit lain. Semakin tinggi angka R, semakin mudah menular.

"Virus ini kerap membuat kami terkejut. Ini jauh lebih buruk dari yang kita takutkan," kata Dr. Aris Katzourakis, yang mempelajari evolusi virus di Universitas Oxford.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com