Survei 90 Galaksi, Astronom Cari Tempat Pembentukan Bintang

Kompas.com - 10/06/2021, 20:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Tim astronom internasional membuat terobosan baru dalam menguak asal-usul tempat pembentukan bintang dengan melakukan survei terhadap 90 galaksi di alam semesta.

Selama lima tahun terakhir, tim peneliti internasional telah melakukan survei sistematis untuk pertama kalinya dalam mencari asal-usul bintang, di mana bintang-bintang dilahirkan di alam semesta ini.

Untuk menguak asal-usul 'pembibitan bintang', para astronom memetakan lebih dari 100.000 lokasi pembentukan bintang di lebih dari 90 galaksi terdekat.

"Setiap bintang di langit, termasuk matahari kita, lahir di salah satu pembibitan bintang ini," kata Adam Leroy, profesor astronomi di The Ohio State University, dilansir dari Science Daily, Kamis (10/6/2021).

Menurut Leroy yang juga pemimpin proyek tersebut, pembibitan bintang ini bertanggung jawab untuk membangun galaksi dan membuat planet.

Baca juga: Perspektif Bintang dalam Al Quran, Penciptaan Bintang hingga Perilakunya di Akhir Zaman

"Dan mereka hanyalah bagian penting dalam kisah bagaimana kita sampai di sini. Tapi (survei galaksi) ini benar-benar pertama kalinya kami mendapatkan pandangan lengkap (tempat pembentukan bintang) dari pembibitan bintang di seluruh bagian terdekat di alam semesta ini," jelas Leroy.

Proyek yang disebut PHANGS-ALMA ini dapat dilakukan berkat susunan teleskop ALMA, yang mana teleskop ini ditempatkan di pegunungan Andes, Chili.

ALMA adalah teleskop radio paling kuat di dunia, merupakan fasilitas internasional dengan keterlibatan besar Amerika Serikat yang dipimpin oleh National Science Foundation dan National Radio Astronomy Observatory.

Kemampuan teleskop radio ini memungkinkan tim untuk mensurvei pembibitan bintang di 90 galaksi yang beragam.

Sementara itu, survei penelitian sebelumnya dalam mencari tempat kelahiran bintang, sebagian besar hanya berfokus pada galaksi individu atau sebagian dari satu galaksi.