Gerhana Matahari Cincin Tidak Tampak di Indonesia, Ini Jadwal Gerhana Matahari Lainnya

Kompas.com - 10/06/2021, 14:07 WIB


KOMPAS.com- Fenomena gerhana matahari hari ini, Kamis (10/6/2021) sayangnya tidak tampak dari Indonesia. Gerhana Matahari Cincin ini hanya bisa disaksikan di Kanada dan Rusia.

Seperti diberitakan Kompas.com, Gerhana Matahari Cincin adalah salah satu jenis dari gerhana matahari.

Fenomena gerhana matahari terjadi saat matahari, bulan dan bumi berada pada satu gari lurus, sehingga kondisi ini akan membuat bulan jatuh pada bumi.

Sedangkan gerhana matahari cincin akan terjadi apabila jarak antara bulan dengan bumi mendekati jarak terjauhnya. Fenomena yang tampak menyebabkan matahari tidak sepenuhnya tertutup oleh bulan dan menghasilkan cincin cahaya di sekitar wilayah bulan yang gelap.

Sayangnya, fenomena gerhana matahari cincin yang unik ini tidak bisa disaksikan di langit Indonesia.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Tak Tampak dari Indonesia, Tonton Ilustrasinya dari Link Ini

 

Menurut Andi Pangerang Hasanuddin, peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), GMC total hanya bisa disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin di Kanada, dan kawasan Siberia di Rusia dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43 WIB.

Sedangkan di wilayah Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah dan China bagian barat hanya dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

"Karena Indonesia tidak terkena penumbra maupun antumbra bulan, maka Indonesia tidak mengalami GMC, baik fase cincin maupun sebagian," jelas Andi kepada Kompas.com, Senin (7/6/2021).

Kendati demikian, fenomena Gerhana Matahari Cincin akan menghiasi langit Indonesia pada tahun 2031 mendatang. Terutama dapat diamati dari Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi dan Kepulauan Maluku.

Tahun 2021, ada dua fenomena gerhana matahari yang terjadi di Bumi. Seperti jadwal gerhana matahari yang diberitakan Kompas.com, pada Selasa (30/3/2021) lalu, Gerhana Matahari 2021 tak hanya Gerhana Matahari Cincin, tetapi juga akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Total.

Baca juga: Fenomena Langit Juni 2021: Gerhana Matahari Cincin hingga 3 Hujan Meteor

 

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.