Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerhana Matahari Cincin Tidak Tampak di Indonesia, Ini Jadwal Gerhana Matahari Lainnya

Kompas.com - 10/06/2021, 14:07 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Fenomena gerhana matahari hari ini, Kamis (10/6/2021) sayangnya tidak tampak dari Indonesia. Gerhana Matahari Cincin ini hanya bisa disaksikan di Kanada dan Rusia.

Seperti diberitakan Kompas.com, Gerhana Matahari Cincin adalah salah satu jenis dari gerhana matahari.

Fenomena gerhana matahari terjadi saat matahari, bulan dan bumi berada pada satu gari lurus, sehingga kondisi ini akan membuat bulan jatuh pada bumi.

Sedangkan gerhana matahari cincin akan terjadi apabila jarak antara bulan dengan bumi mendekati jarak terjauhnya. Fenomena yang tampak menyebabkan matahari tidak sepenuhnya tertutup oleh bulan dan menghasilkan cincin cahaya di sekitar wilayah bulan yang gelap.

Sayangnya, fenomena gerhana matahari cincin yang unik ini tidak bisa disaksikan di langit Indonesia.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Tak Tampak dari Indonesia, Tonton Ilustrasinya dari Link Ini

 

Menurut Andi Pangerang Hasanuddin, peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), GMC total hanya bisa disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin di Kanada, dan kawasan Siberia di Rusia dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43 WIB.

Sedangkan di wilayah Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah dan China bagian barat hanya dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

"Karena Indonesia tidak terkena penumbra maupun antumbra bulan, maka Indonesia tidak mengalami GMC, baik fase cincin maupun sebagian," jelas Andi kepada Kompas.com, Senin (7/6/2021).

Kendati demikian, fenomena Gerhana Matahari Cincin akan menghiasi langit Indonesia pada tahun 2031 mendatang. Terutama dapat diamati dari Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi dan Kepulauan Maluku.

Tahun 2021, ada dua fenomena gerhana matahari yang terjadi di Bumi. Seperti jadwal gerhana matahari yang diberitakan Kompas.com, pada Selasa (30/3/2021) lalu, Gerhana Matahari 2021 tak hanya Gerhana Matahari Cincin, tetapi juga akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Total.

Baca juga: Fenomena Langit Juni 2021: Gerhana Matahari Cincin hingga 3 Hujan Meteor

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com