Kompas.com - 12/05/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi bayam. sayur bayam Freepik/Racool StudioIlustrasi bayam. sayur bayam

KOMPAS.com - Zat besi adalah mineral yang penting bagi tubuh. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin yang merupakan bagian dari sel darah merah yang berfungi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia.

Sekitar 20% wanita, 50% ibu hamil, dan 3% pria tidak memenuhi angka kebutuhan zat besi harian mereka. Solusinya agar tak terkena anemia, maka Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Zat besi adan dua macam, heme dan nonheme. Zat besi heme adalah zat besi yang didapat dari sumber hewani, sedangkan zat besi nonheme adalah zat besi yang berasal dari tumbuhan. Zat besi heme lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan zat besi nonheme.

Dilansir dari Health Line (27/1/2020), berikut daftar makanan yang mengandung zat besi tinggi

Kerang-kerangan

Kerang adalah makanan yang enak dan bergizi. Kerang-kerangan seperti kerang dan tiram adalah sumber zat besi yang bagus untuk tubuh. Kerang termasuk sumber zat besi heme yang lebih mudah diserap tubuh.

Pada 100 gram tiram, terkandung sekitar 3 miligram zat besi dan setara dengan 17% kebutuhan zat besi harian. Selain itu, dalam kerang juga terkandung nutrisi lainnya, yaitu protein, vitamin C, dan vitamin B12, serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Ada pendapat bahwa dalam beberapa jenis kerang dan ikan terkandung merkuri dan toksin. Namun, manfaat yang didapatkan jauh lebih banyak dibandingkan resikonya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 13 Penyebab Penyakit Anemia, Salah Satunya Kurang Zat Besi

Bayam

Bayam merupakan makanan yang kaya nutrisi namun rendah kalori. Dalam 100 gram bayam mentah, terkandung 2,7 miligram zat besi atau setara 15% dari kebutuhan harian Anda.

Walaupun bayam adalah sumber zat besi heme yang sulit diserap tubuh, namun bayam juga mengandung vitamin C tinggi yang secara signifikan meningkatkan penyerapan zat besi dalam bayam. 

Bayam juga mengandung antioksidan yang disebut karotenoid, yang berfungsi mengurangi resiko kanker dan baik untuk kesehatan mata. Untuk memaksimalkan penyerapan karotenoid, Anda bisa menambahkan lemak ke dalam masakan bayam Anda. Pilih sumber lemak yang baik seperti minyak zaitun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X