Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapasitas Tempat Tidur RS Rujukan Covid-19 di 6 Provinsi Hampir Penuh

Kompas.com - 06/05/2021, 12:28 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Keterpakaian ruang perawatan intensif pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan Covid-19 di 34 provinsi Indonesia meningkat sepekan terakhir.

Diberitakan Kompas.com edisi Rabu (5/5/2021), Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan mengatakan, kapasitas ruang isolasi dan ICU di RS BUMN penuh semua.

"Juga Rumah Sakit swasta, Rumah Sakit vertikal pemerintah ini ICU yang penuh. Jadi intinya ini banyak sekali peningkatan yang dirawat pada April akhir-akhir ini," kata Erlina yang disiarkan kanal YouTube PDPI, Rabu (5/5/2021).

Erlina mengatakan, berdasarkan data dari Kemenkes yang diterimanya, jumlah orang yang dirawat di rumah sakit rujukan Covid-19 dalam sepekan terakhir meningkat 1,28 persen.

Sedangkan, angka kematian meningkat 20,73 persen dalam 30 hari per akhir April.

Baca juga: 3 dari 10 Varian Corona Paling Diperhatikan WHO Sudah Masuk Indonesia

Peningkatan jumlah pasien yang dirawat inap di rumah sakit dibenarkan oleh Ketua Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Irwandy, SKM, MScPH, MKes.

"Ini data hingga 2 Mei (2021) tentang angka keterpakaian tempat tidur di RS Indonesia. Benar telah terjadi peningkatan yang terlihat dimulai akhir April kemarin," kata Irwandy kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021).

"Dan sepertinya harus diwaspadai, karena kedepan diprediksi akan terus meningkat (angka keterpakaian tempat tidur)," imbuh Irwandy.

Dari 34 provinsi, hingga saat ini, ada 6 provinsi di Indonesia yang angka keterpakaian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 sudah melebihi setengah dari kapasitas maksimalnya.

Berdasar data RS Online tanggal 2 Mei 2021 pukul 18.00 WIB, keenam provinsi dengan angka keterpakaian tempat tidur terbanyak adalah:

  •  Sumatera Utara (61,6 persen)
  • Sumatera Selatan (58,5 persen)
  • Riau (58,1 persen)
  • Lampung (54,5 persen)
  • DI Yogyakarta (51,7 persen)
  • Kepulauan Riau (51,1 persen)

Untuk DKI Jakarta angka keterpakaian tempat tidur di RS rujukan Covid-19 saat ini adalah 33,7 persen.

Data selengkapnya dapat dilihat di grafik di bawah ini.

Angka keterpakaian tempat tidur di RS Rujukan Covid-19 di 35 Provinsi Indonesia hingga 2 Mei 2021. Terjadi peningkatan kapasitas tempat tidur RS.RS Online via Prof. Irwandy Angka keterpakaian tempat tidur di RS Rujukan Covid-19 di 35 Provinsi Indonesia hingga 2 Mei 2021. Terjadi peningkatan kapasitas tempat tidur RS.

Tabel di atas juga menunjukkan data berikut:

  •  Tidak ada provinsi yang memiliki Bed Occupancy Rate (BOR) lebih dari 70 persen
  • Terdapat 6 provinsi dengan angka BOR 50-69,9 persen
  • 5 Provinsi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) memiliki BOR 50-69,9 persen
  • 20 Provinsi PPKM memiliki BOR kurang dari 50 persen.

"Bed Occupancy Rate (BOR) merupakan indikator yang menggambarkan tinggi rendahnya tingkat pemanfaatan tempat tidur rumah sakit. Perhitungannya adalah persentase pemakaian tempat tidur pada satu satuan waktu tertentu," terang Irwandy.

Sebagai informasi, ada 9 provinsi non-PPKM di Indonesia, yakni:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com